Sejarah

Sejarah

Bulan Juni tahun 1999 Dompet Dhuafa mendukung terbentuknya Laboratorium Biologi Dompet Dhuafa Republika yang kegiatan utamanya adalah meneliti dan mengembangkan sarana produksi pertanian tepat guna untuk membantu petani. Produk awal yang muncul pertama kali adalah virus pengendali pengganggu tanaman dengan nama Vir-X dan Vir-L. Dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun muncul berbagai produk sarana pertanian ramah lingkungan seperti pupuk organik OFER (Organic Fertilizer), agensi hayati pengendali hama tanaman serta berbagai pestisida nabati.

Seiring dengan perubahan kebijakan dan dinamika organisasi di Dompet Dhuafa, tahun 2002 Laboratorium Biologi berubah nama menjadi Usaha Pertanian Sehat (UPS) dengan tambahan aktivitasnya  adalah pemasaran produk hasil dari penelitian dan beras. Tahun 2003 Laboratorium Biologi menjadi Lembaga Pertanian Sehat di bawah koordinasi jejaring aset sosial (JAS) Dompet Dhuafa sementara UPS tetap ada tetapi di bawah koordinasi jejaring Aset Reform (JAR) Dompet Dhuafa. Proses pengembangan usaha tidak hanya memasarkan hasil-hasil penelitian laboratorium tetapi juga melakukan pemasaran hasil panen petani dampingan diantaranya beras sehat bebas residu pestisida.

Memasuki tahun 2004 upaya menyatukan laboratorium biologi yang kemudian berubah menjadi lembaga pertanian sehat dengan usaha pertanian sehat di bawah koordinasi jejaring aset reform berhasil dilakukan dalam satu induk kelembagaan yakni Lembaga Pertanian Sehat. Selain melakukan aktivitas penelitian, pemasaran produk-produk pertanian ramah lingkungan, lembaga pertanian sehat juga mulai concern pada pengembangan program pertanian sehat secara aplikatif melalui program pendampingan (pemberdayaan) masyarakat petani kecil.

Awal tahun 2012 merupakan babak baru bagi Lembaga Pertanian Sehat sekaligus sebagai titik awal sejarah berdirinya PT. Pertanian Sehat Indonesia. Sebagai sebuah perusahaan baru dalam bidang pertanian, Pertanian Sehat Indonesia akan tetap mempertahankan karakter dasar aktivitasnya yakni fokus dalam pengembangan pertanian yang berbasis pada masyarakat kecil. Nilai-nilai positif yang melekat dalam status badan hukum PT seperti profesional, transparan dan akuntabilitas serta nilai posistip yang lainnya menjadi pendorong kinerja Pertanian Sehat Indonesia ke depan.

5 COMMENTS

  1. mau tanya kalau disini menerima mahasiswa penelitian apa tidak?
    karena saya tertarik ada sebuah yayasan yang mau membantu petani berupa pemberdayaan

    • Silakan saja Anda kirimkan proposal penelitian Anda untuk ditindaklanjuti. Atau kalau bisa berkunjung di kantor kami lebih baik sehingga dapat info yang lebih jelas. Terima kasih atas kunjungan Anda

LEAVE A REPLY

*