Pemberdayaan Petani

Pemberdayaan Petani
Bookmark and Share

Community Development

Salah satu bidang yang memiliki peranan penting dalam kegiatan membangun komunitas petani secara khusus dengan melibatkan masyarakat. Divisi juga merupakan jembatan misi dari lembaga untuk akses dengan sumberdaya masyarakat petani. Divisi diharapkan mampu berperan dalam mendukung program-program lembaga.

Proses pemberdayaan petani miskin yang selama ini dilakukan oleh Pertanian Sehat Indonesia (PSI) juga telah memantapkan target yang lebih jelas. Salah satu program yang dibangun adalah P3S (Program Pemberdayaan Petani Sehat). Program tersebut tidak hanya karena visi pendistribusian dana sosial umat semata, lebih dari itu P3S merupakan refleksi kepedulian atas nasib petani yang selama ini termarjinalkan dalam lingkaran kemiskinan.

ARAH DAN ORIENTASI PROGRAM

Paket program pemberdayaan petani yang dilakukan oleh PSI terfokus pada kegiatan;

  1. Penguatan kapasitas SDM petani
  2. Introduksi dan adopsi teknologi pertanian dengan basis ramah lingkungan serta
  3. Pembentukkan dan pengembangan kelembagaan petani.

Selain itu, pengembangan kapasitas sumberdaya permodalan yang bersifat pembiayaan juga dilakukan untuk memperkuat basis program yang akan dijalankan. Seluruh proses pemberdayaan dengan program inti dan program pendukung di atas diarahkan dalam rangka mendorong peningkatan pendapatan petani dan memperkokoh kualitas interaksi sosial antar petani dan stakeholders lainnya.

Orientasi kebijakan pemberdayaan untuk petani akan didasarkan pada basis keunggulan komparatif pertanian suatu cluster/wilayah program. Keunggulan komparatif inilah yang kemudian akan menjadi dasar bagi proses penetapan cluster baru bagi pergerakan program pemberdayaan PSI. Dalam jangka panjang, proses pemberdayaan dan pengembangan pertanian akan diarahkan pada proses peningkatan keunggulan kompetitif. Dari situlah maka dinamika pergerakan untuk menyentuh wilayah penanggulangan kemiskinan dengan basis pertanian akan terus diupayakan secara terstruktur dan terarah.

 TUJUAN UMUM PROGRAM

Tiga tujuan umum dari program pemberdayaan PSI, antara lain:

Tercapainya kemandirian material komunitas petani sasaran

Melalui paket program P3S, diharapakan para petani sasaran dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil usaha taninya sehingga akan mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan ekonominya.

Tercapainya kemandirian intelektual komunitas petani sasaran

Paket P3S juga mendorong para petani untuk meningkatkan sikap, sifat dan perilaku intelektualitasnya sehingga akan muncul pribadi-pribadi petani yang kritis dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Tercapainya kemandirian manajemen komunitas petani sasaran

Selain mandiri dalam hal ekonomi/material dan intelektual, paket P3S juga mendorong para petani sasaran untuk dapat mandiri secara manajerial sehingga dapat melakukan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengontrolan usaha taninya secara profesional.

STRATEGI UMUM PROGRAM

Untuk mendukung kebijakan program dengan arah dan orientasi serta tujuan umum yang telah ditetapkan, maka strategi pemberdayaan dilakukan dalam lingkup:

1. Penyelenggaraan kegiatan pemberdayaan petani sasaran program, dengan fokus:

a. Pembentukkan Kelompok Tani

b. Peningkatan Kapasitas SDM Petani

c. Penumbuhan Kader Petani Lokal

d. Pembinaan dan Pelatihan Pertanian Ramah Lingkungan

e. Pembiayaan Mikro Petani

f. Penguatan Kelembagaan Petani

2. Penetapan dan Pembangunan cluster program berbasis pertanian unggul

3. Pembangunan jaringan sinergi dengan stakeholders pendukung

Untuk mengefektifkan pelaksanaan seluruh strategi program, maka dilakukan pendampingan intensif bagi komunitas sasaran yang ditangani oleh para pendamping pilihan hingga periode waktu yang telah ditentukan.

PRINSIP UMUM PROGRAM

Secara umum, prinsip kebijakan pemberdayaan komunitas petani adalah:

  1. Berpihak pada Masyarakat Tani Miskin
  2. Konsen pada Penguatan Basis Sosial dan Ekonomi Komunitas
  3. Partisipatif, Akuntabilitas dan Transparan
  4. Keberlanjutan Program dengan Basis Kemandirian
  5. Sistematis dan Terorganisir

 SASARAN PROGRAM

Dengan pertimbangan pada karakter program, maka sasaran program akan didasarkan pada kriteria:

1. Kelompok Sasaran

a. Sasaran Utama, yaitu sasaran prioritas program yang merupakan para petani miskin (dhuafa) dengan ciri umum: 1). Para petani yang memiliki lahan maksimum 0.25 Ha atau berpenghasilan per-hari kurang dari atau sama dengan Rp. 20.000; 2). Kondisi rumah (milik sendiri/ sewa/ kontrak) kurang layak dan kepemilikan harta (peralatan hidup) terbatas, dideskripsikan dengan indeks rumah. Selain itu ada penilaian (kesepakatan) dari masyarakat setempat bahwa yang bersangkutan terkategori miskin.

b. Sasaran Antara, yaitu sasaran tidak terkategori prioritas akan tetapi memiliki potensi untuk mendorong semangat para petani miskin untuk lebih semangat mengikuti program. Jumlah sasaran antara akan dibatasi dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

2. Kriteria Wilayah

a. Mempunyai potensi SD pertanian yang dapat dikembangkan baik untuk skala lokal maupun nasional, termasuk dukungan sarana dan prasarana program serta dukungan iklim dan cuaca (klimatologi) lokasi sasaran program

b. Memiliki potensi SDM yang mendukung program baik dalam hal kuantitas maupun kualitas

c. Tidak termasuk daerah konflik atau memilki potensi konflik yang tinggi

KOMPONEN PROGRAM

Sebagai program pertanian yang mencoba melakukan proses perbaikan yang integralistik dan bersifat kontinu, maka paket program P3S PSI dilengkapi dengan komponen program pendukung, antara lain:

  1.  Pembiayaan Usaha Tani Berbasis Syariah dengan paket yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan, paket yang sedang dilaksanakan untuk beberapa cluster P3S antara lain: paket Murabahah, Qordul Hasan dan bahkan ada juga paket bantuan Cuma-Cuma (hibah) tapi dengan syarat konstruktif.
  2. Peningkatan Kapasitas SDM Petani melalui paket pelatihan teknologi pertanian sehat dan juga pembinaan untuk manajemen usaha tani dan penguatan aspek spiritual para petani sasaran
  3. Pembentukkan dan Pengembangan Kelembagaan Petani, antara lain dengan penginisiasian lumbung tani sehat (LTS). Bahkan untuk LTS di Cluster Kab. Bogor telah mulai merintis untuk pengembangan usaha komunitas melalui pengadaan saprotan dan pengolahan beras petani binaan.
  4. Pembangunan Jaringan dan Sinergi dengan Stakeholders lainnya, hal ini didasarkan bahwa pembangunan pertanian merupakan tanggung jwab bersama untuk itu petani didorong untuk dapat akses terhadap saluran informasi baik yang datang dari instansi pemerintah, swasta ataupun yang lainnya sehingga dapat mempercepat proses kemandirian para petani sasaran.

 TAHAPAN PROGRAM

Tanpa bermaksud membatasi seluruh proses program, paket program P3S PSI akan melakukan sistem kontrol berdasarkan tahapan program. Tahapan program ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauhmana perubahan komunitas setelah dilakukan ’treathment’ dan sekaligus menjadi patokan seluruh kegiatan program secara terukur. Tahapan program P3S meliputi: 1). Persiapan Program, 2). Pelaksanaan Program, 3). Pelepasan/Pemandirian Program.

Acuan tahapan program didasarkan pada seluruh rangkaian kegiatan program mulai dari kajian kebutuhan (need assesment), pengkajian dan penilaian assesment, persiapan teknis program, pelaksanaan program di tingkat lapang, sampai proses persiapan pelepasan dan pelepasan serta penyerahan aset reform kepada komunitas sasaran.

SISTEM KONTROL PROGRAM

Pelaksanaan sistem kontrol program dimaksudkan untuk mengetahui kekonsistenan konsep program dengan kenyataan yang terjadi dilapang. Sistem kontrol program dilakukan melalui dua cara, yaitu sistem Monitoring dan sistem Evaluasi. Monitoring dilakukan secara berkala terkait dengan perkembangan siklus tahapan program. Sedangkan evaluasi program dilakukan sekali dalam dalam satu tahun, atau pada saat akan dilakukan proses pelepasan (masa terminasi). Tujuan evaluasi program adalah untuk mengetahui dampak program bagi lingkungan sasaran.

Hits:10452

20 Responses to Pemberdayaan Petani

  1. Soni Munandar Abu Hilmy says:

    assalamu’alaikum wr wb,,,

    saya seorang mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Desa Pinggirsari Kec. Arjasari Kabupaten Bandung,,, saya berharap bisa bekerjasama dengan lembaga sosial dalam melaksanakan sebagian program2 kami terutama dalam hal pemberdayaan dan pengabdian pada masyarakat…

    barangkali DD berkenan,,, saya tunggu konfirmasi ataupun informasinya….mudah2an Allah senantiasa memberikan jalan untuk kita untuk beramal sholeh…jazakumullah khair…

    CP : Soni Munandar (085624723075)

    • wa’alaikum salam wr wb…

      senang sekali kami bisa berbagi dalam pemberdayaan masyarakat.. untuk informasi Dompet Dhuafa bisa hubungi di no 021 741 6050
      sukses selalu kang Soni atas kegiatannya.

  2. assalaamu alaikum wr.wb
    alhamdulillah, salam hormat kami kepada semua jajaran DD sebagai lembaga sosial yang terpercaya. perkenankan kami ponpes almadinah sltga yang sekarang ini mendirikan sekolah gratis setingkat mts dan smk almadinah dan pondok pesantren yang berorientasi wira usaha. Sehingga anak-anak didik kami dari kalangan dhuafa` bsa mandiri. sekarang ini kami masih puya lahan kosong 1187m. kami tertarik beternak kambing untuk membiayai operasional program kami sekaligus mendidik kewirausahaan para santri kami. Kami mau bekerjasama dengan PSI, bagaimana caranya?

  3. assalaamu alaikum wr.wb
    alhamdulillah, salam hormat kami kepada semua jajaran DD sebagai lembaga sosial yang terpercaya. perkenankan kami ponpes almadinah sltga yang sekarang ini mendirikan sekolah gratis setingkat mts dan smk almadinah dan pondok pesantren yang berorientasi wira usaha. Sehingga anak-anak didik kami dari kalangan dhuafa` bsa mandiri. sekarang ini kami masih puya lahan kosong 1187m. kami tertarik beternak kambing untuk membiayai operasional program kami sekaligus mendidik kewirausahaan para santri kami. Kami mau bekerjasama dengan kampung ternak indonesia, bagaimana caranya?

  4. nur qamar says:

    saya nur qamar mahasiswa pertanian yang semntara melaksanakan proposal penelitian yang berjudul ” pemberdayaan petani dalam meningkatkan kualitas biji kenari ” menanyakan bgmn mekanisme tentang judul tersebut diatas????

  5. Arman Ibsala says:

    terima kasih atas infonya. sangat bermanfaat bagi kami. smg dapat kami kembangkan di wilayah kami.

  6. suardi says:

    Assalamualaikum DD….
    saya sangat tertarik dengan program Pertanian Sehat Indonesia yang dikembangkan Dompet Dhuafa, bagaimana saya atau masyarakat bisa mengakses program atau kegiatan tersebut?
    Terimakasih

  7. Buono says:

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Saat ini kami akan mengembangkan pertanian organik di desa kami. mohon berkenan untuk memberikan informasi apakah kami dapat mengajukan kerjasama baik penyediaan Fasilitator, program dan lain sebagainya. informasi lebih lanjut tentang desa kami dan pertanian organik silakan kunjungi http://bkmtunaskaryamandiri.yolasite.com/ atau di https://bkmtunaskaryamandiri.wordpress.com/

  8. Edhie Munantiyo says:

    Assalamualaikum.
    Sy bernama RM Edhie Munantiyo sudah menjalani menanam beberapa hal, yaitu :
    1. Budidaya lele, sudah berjalan 3 tahun namun masih belum ada keuntungan sedikitpun.
    2. Menanam Singkong, baru panen seluas 4,5 ha, namun hasil produksi dan harga jauh dari harapan.
    3. BAru 3 bulan menanam pepaya Paris dan California seluas masing 1 ha.
    KEsemuanya sy berwiraswasta di daerah Nagrek Bandung, mohon bantuan agar dapat melanjutkan usaha tersebut baik berupa bimbingan maupun lainnya yg bisa kiranya dapat melanjutkan usaha tersebut.
    Wass.
    RM Edhie M

    • Wa’alaikumsalam, terima kasih sudah mengunjungi website kami dan berbagi di sini. Semoga dengan semangat pantang menyerah Anda akan berhasil dalam tiap usaha yang dijalankan. Salam PETANI KUAT

  9. kahfi hidayat says:

    saya berharap program ini berkelanjutan, karena kalau kita lihat sekarang ini lahan pertanian semakin berkurang, kemakmuran petani terabaikan, dan sepertinya para petani menjadi apatis karena sekarang penghasilan petanian tidak bisa diharapkan lagi. dan harapan saya agar pertanian disekitar daerah kita bangkit kembali ……………

  10. Rahma says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Saya mempunyai beberapa lahan menganggur di daerah Ciapus (kaki gunung salak)Bogor. Masing-masing lahan sekitar 3000 meter. Satu lahan sudah ada 2 buah kolam dan mata air.
    Lahan tersebut menganggur sudah cukup lama, karena tidak ada SDM yang memadai.
    Mungkin Tim DD berminat untuk mengkaryakan lahan tersebut sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat. Kami tunggu respon positifnya.

    Terima kasih …
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    Rahma

  11. Abdul Latif says:

    Assalamu’alaikum, saya Abdul lulusan SMK Pertanian tinggal di Serang Banten. Pengalaman kerja 4 tahun staff aset/pengelola lahan pertanian. Mohon info lowongan kerjanya untuk daerah Serang/sekitarnya. Terimakasih.

  12. Irwan Baddu says:

    Assalamu’ ‘alaikum. Perkenalkan saya irwan, sebelumnya penerima manfaat Beastudi Etos Dompet Dhuafa Malang. sedang mengembangkan pertanian organik di lereng bromo probolinggo jawa timur. sekaligus mencoba mengembangkan program pemberdayaan petani melalui pendirian pra-koperasi. dapat kiranya PSI membuka kemitraan di probolinggo, baik pemasaran produk, pelatihan, dll. salam
    Irwan: 081334123155/08563555233

    • Wa’alaikuimsalam, mas Irwan bisa membuat proposal ajuan tentang hal itu. Sehingga PSI bisa membantu menghubungkan dengan pihak yang berkompeten sehingga bis menjagi program di sana. Salam PETANI KUAT

Leave a Reply

  • RSS
  • Facebook
  • Google+
  • LinkedIn
  • Twitter