Salah satu bidang yang memiliki peranan penting dalam kegiatan membangun komunitas petani secara khusus dengan melibatkan masyarakat. Divisi juga merupakan jembatan misi dari lembaga untuk akses dengan sumberdaya masyarakat petani. Divisi diharapkan mampu berperan dalam mendukung program-program lembaga.

Proses pemberdayaan petani miskin yang selama ini dilakukan oleh Pertanian Sehat Indonesia (PSI) juga telah memantapkan target yang lebih jelas. Salah satu program yang dibangun adalah P3S (Program Pemberdayaan Petani Sehat). Program tersebut tidak hanya karena visi pendistribusian dana sosial umat semata, lebih dari itu P3S merupakan refleksi kepedulian atas nasib petani yang selama ini termarjinalkan dalam lingkaran kemiskinan.

Program pemberdayaan petani yang dilakukan oleh PSI terfokus pada kegiatan;

  1. Penguatan kapasitas SDM petani
  2. Introduksi dan adopsi teknologi pertanian dengan basis ramah lingkungan serta
  3. Pembentukkan dan pengembangan kelembagaan petani.

Selain itu, pengembangan kapasitas sumberdaya permodalan yang bersifat pembiayaan juga dilakukan untuk memperkuat basis program yang akan dijalankan. Seluruh proses pemberdayaan dengan program inti dan program pendukung di atas diarahkan dalam rangka mendorong peningkatan pendapatan petani dan memperkokoh kualitas interaksi sosial antar petani dan stakeholders lainnya.

Orientasi kebijakan pemberdayaan untuk petani akan didasarkan pada basis keunggulan komparatif pertanian suatu cluster/wilayah program. Keunggulan komparatif inilah yang kemudian akan menjadi dasar bagi proses penetapan cluster baru bagi pergerakan program pemberdayaan PSI. Dalam jangka panjang, proses pemberdayaan dan pengembangan pertanian akan diarahkan pada proses peningkatan keunggulan kompetitif. Dari situlah maka dinamika pergerakan untuk menyentuh wilayah penanggulangan kemiskinan dengan basis pertanian akan terus diupayakan secara terstruktur dan terarah.

Hits:36360