Kopi Gayo terunik di Indonesia kini milik dunia

Kopi Gayo terunik di Indonesia kini milik dunia

194
0
SHARE

Festival kopi gayo 2015 dengan tema “kopi gayo terunik di indonesia kini milik dunia” diselenggarakan di GOR kabupaten Bener Meriah, Aceh, 22 – 23 April 2015. Acara didukung oleh save the children, pemkab Bener Meriah, KEURIG Green mountain dan pemerinta provinsi Aceh. Acara diikuti 3 kabupaten yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues. Peserta berasal dari unsur pemerintah, UMKM, petani, pengusaha lokal dan internasional

Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan kopi gayo dapat ditingkatkan kualitas dan produktivitas nya serta mempromosikan kopi gayo ke tingkat internasional. Dengan penguatan sinergi dari unsur pemerintah hingga pihak petani dan pihak-pihak yang berperan dalam perkopian. Sehingga perkebunan kopi di dataran tinggi bukan hanya sekedar sebuah usaha, tetapi bisa menjadi budaya dan kebanggaan bagi masyarakat aceh.

Dalam acara ini juga dilakukan pengukuhan asosiasi komite kopi gayo oleh bupati bener meriah bapak ruslan abdul gani, yang mana nanti asosiasi komite ini menjadi wadah bagi petani kopi di gayo untuk memperluas akses pasar serta menjadi forum untuk peningkatan produktivitas dan kualitas kopi gayo sehingga petani bisa lebih maju dan sejahtera.

Selain itu serangkaian acara lainnya adalah cupping test oleh gayo cupper team terhadap 40 sampel kopi dari Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues. Peringkat 1 dan 2 dimenangkan oleh Kabupaten Aceh Tengah dan peringkat 3 dimenangkan oleh Kabupaten Bener Meriah.

Acara hiburan lain nya adalah bazaar pameran kopi yang di ikuti oleh koperasi kopi di dataran tinggi gayo dan instansi pemerintah. Dan tradisi acara hiburan lain nya adalah minum kopi 1.500 gelas kopi tanpa gayo.

NO COMMENTS

Leave a Reply