Terimakasih Petani Bantaeng, Berbagi Harapan Masa Depan Petani Kecil

Terimakasih Petani Bantaeng, Berbagi Harapan Masa Depan Petani Kecil

189
0
SHARE
BANTAENG – Dompet Dhuafa melalui Pertanian Sehat Indonesia kembali melakukan aksi kepedulian kepada petani Indonesia yang kali ini berlangsung di Sulawesi Selatan. Gelaran program Terimakasih Petani Indonesia pada hari kamis (17/07/2014) berlangsung di Balai Desa Lonrong, Kab. Bantaeng dengan dihadiri sekitar 100 petani dan anak petani penerima beasiswa dari Dompet Dhuafa.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 14.00 WITA dilaksanakan dalam dua sessi acara, yakni sessi Sarasehan Petani dan Sessi pembagian bantuan saprotan dan beasiswa anak petani yang dilanjutkan dengan tausiyah ramadhan dan buka puasa bersama.
Di sessi sarasehan petani selain mendatangkan tim program Pertanian Sehat Indonesia, hadir pula dari Dinas Pertanian dan Peternakan serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Bantaeng. Dalam pemaparannya, Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Bantaeng yang diwakili oleh Suryani Samun, S.Sos, MP menyampaikan upaya mencari penyelesaian 4 masalah klasik petani Bantaeng yaitu terkait kelangkaan saprotan, modal usahatani, keterbatasan SDM petani dan keterbatasan alsintan. Menurutnya, perlu ada perubahan cara budidaya pertanian dari cara tradisional ke cara yang ramah lingkungan dan fokus dalam nilai tambah pasca panen. Sedangkan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Bantaeng yang disampaikan oleh Tg Tompo, S.Sos menyampaikan materi tentang perlunya pemasaran hasil pertanian untuk dapat memberikan nilai tambah atas hasil usahataninya.
Secara khusus, Pertanian Sehat Indonesia yang diwakili oleh Casdimin menyampaikan overview program pertanian di Bantaeng dan rencana pengembangan program dalam konsep Lumbung Desa untuk rencana dua tahun ke depan. Melalui pengembangan koperasi yang saat ini telah terbentuk dengan nama Sukses Mandiri, selain akan fokus dalam penanganan  usaha pasca panen jagung dan pemasarannya juga akan menggarap aspek budidayanya secara intensif. Sessi sarasehan petani ditutup dengan kesimpulan untuk bersinergi dalam pengembangan pertanian yang lebih baik lagi di Desa Lonrong, Bantaeng termasuk dukungan dari pemerintah Bantaeng.
Setelah rehat melaksanakan sholat ashar, kegiatan Terimakasih Petani di Desa Lonrong, Bantaeng dilanjutkan dengan pembagian bantuan beasiswa anak petani untuk 10 sasaran dan pembagian bantuan sarana produksi pertanian (saprotan) untuk 100 petani. Pembagian beasiswa dan saprotan berjalan lancar dan penerima merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut.
Setengah jam menjelang berbuka puasa, kegiatan Terimakasih Petani diisi dengan tausiyah ramadhan dengan penceramah Ust. Idrus dari KUA Eremerasa, Kab. Bantaeng. Terimakasih Petani di Bantaeng telah tertunaikan dengan baik sesuai target dan tujuannya. Para petani berbahagia dan mendoakan Dompet Dhuafa dan para donaturnya untuk tetap istiqomah untuk terus peduli pada kelompok masyarakat kecil negeri ini, terutama petani. Semangat Terimakasih Petani yang ditebarkan Dompet Dhuafa semoga akan menghantarkan masa depan petani Indonesia agar lebih baik lagi, insya Allah. Aamiin. (OM DIM).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*