Kunjungan Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung

Kunjungan Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung

272
6
SHARE

BOGOR РMahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Raden Intan Lampung mengunjungi Pertanian Sehat Indonesia (PSI) untuk belajar mengelola lembaga dan mendesain kegiatan pemberdayaan masyarakat, Selasa (4/2/2014). Mahasiswa dari dua program studi yakni Program Studi Manajemen Dakwah  33 orang dan program studi Pengembangan Masyarakat Islam 14 orang. Ikut dalam rombongan 2 pimpinan fakultas dan 6 dosen pembimbing lapangan.

Mahasiswa jurusan Manajemen Dakwah mendalami manajemen kelembagaan dalam realitas empiris. Aspek yang dipelajari meliputi manajemen sumber daya manusia, keuangan dan operasional PSI.

Mahasiswa jurusan Pengembangan Masyarakat Islam mendalami pengembangan dan pemberdayaan masyarkat dalam realitas empiris. Aspek yang diteliti meliputi teknik analisi kebutuhan pemberdayaan pada sebuah komunitas. Perencanaan program, pengorganisasian komunitas mitra dan networking pemberdayaan masyarakat. Pola fasilitasi/pndampingan dalam program, metode dan teknik monitoring dan evaluasi pemberdayaan. Serta keberlanjutan dan pembiayaan program pemberdayaan.

Tujuan kunjungan lebih diarahkan kepada pemahaman praktis dalam mata kuliah keahlian tertentu di jurusan masing-masing. Sehingga terintegrasi antara pemahaman teoritis di satu sisi dengan pengalaman praktis di sisi lain, yang pada akhirnya menciptakan alumni yang berkualitas yang mampu bersaing dan punya kemampuan menghadapi masa depan yang lebih baik. [DIK]

6 COMMENTS

  1. pertanian sehat…. terima kasih banyak telah memberi kesempatan kepada kami untuk belajar dan mengorek gagasan pemberdayaan masyarakat desa meskipun hanya singkat. meskipun demikian kami berharap PSI ridho akan ilmu yang kami bawa pulang sehingga kami dapat mudah bersilaturahmi dan ilmunya bermanfaat….

  2. assalamu’alaikum…
    saya adalah salah satu mahasiswa yang mengikuti kunjungan di atas.
    bolehkah saya minta struktur organisasi serta administrasi keuangan PT.PS?
    untuk nambah bahan laporan kami. terima kasih atas kerjasamanya. senang bisa berkunjung ke PT. PS

Leave a Reply