Saatnya Pemuda Membangun Pertanian Indonesia

Saatnya Pemuda Membangun Pertanian Indonesia

342
5
SHARE

Beri saya 10 pemuda, akan kuguncang dunia (Soekarno). Pemuda memiliki potensi yang luar biasa besar dalam proses perubahan. Sosok pemuda yang biasanya muncul adalah gaya idealis, berani, mempunyai daya dobrak, kreatif, kritis dan lain-lain. Tidak keliru jika pemuda dianggap tulang punggung peradaban dan masa depan suatu bangsa.

Gaya hidup yang cenderung hedonis, hura-hura, buang waktu dengan fasilitas game on-line, terlalu memuja idola dan budaya instan menjadikan tantangan membangun karakter pemuda kita. Himpitan kurikulum, ekonomi, pengaruh budaya luar negeri yang belum tentu cocok sudah benar merasuk dalam model pendidikan pemuda kita. Seolah peran strategis pemuda secara perlahan akan mandul, tumpul dan tidak terarah.

Pertanian merupakan salah satu warisan anak cucu yang tidak bisa tergantikan oleh sektor lain. Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dalam bidang pertanian. Saatnya pemuda di Indonesia melirik dan beralih untuk turut membangun pertanian di Indonesia. Jika pemuda memualinya dari sekarang, jangan heran lima atau sepuluh tahun mendatang dunia akan gempar melihat kemajuan bidang pertanian dan kedigdayaan Indonesia makin dikagumi oleh negara lain.

Pemuda yang turut andil membangun pertanian juga akan membantu kemandirian pangan yang hingga saat ini lebih banyak gembar-gembornya dibanding pelaksanaanya. Bayangkan jika satu orang pemuda beserta semangatnya yang meletup-letup disalurkan kepada kemajuan pertanian, hingga tidak ada sejengkalpun lahan nganggur. Lapangan pekerjaan sudah tidak perlu terlalu dipikirkan, pangan yang menjadi permasalahan hidup mati lebih mudah disiapkan. Maka bangsa secara sendirinya akan terbangun.

Mari pemuda diseluruh Indonesia bersatu padu dan mulai melakukan sesuatu yang bermanfaat. Jangan biarkan Indonesia dijajah pangan impor, jangan biarkan lahan tak tergarap, jangan biarkan ibu pertiwi merana. Mari berkomitmen membangun pertanian Indonesia. [jod]

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY