RAT sebagai Bentuk Pertanggungjawaban Pengurus Koperasi

RAT sebagai Bentuk Pertanggungjawaban Pengurus Koperasi

701
0
SHARE

Bantaeng – Koperasi Induk Kelompok Tani (Inpoktan) Sukses Mandiri mengadakan  rapat anggota tahunan (RAT) tahun buku 2012 sebagai sebuah mekanisme evaluasi kinerja pengurus, di sekretariat Koperasi Inpoktan  Sukses Mandiri yang dihadiri 60 orang anggota,  Senin (3/6/2013).

Ketua koperasi Daeng Caning menuturkan, “Acara ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pengurus koperasi pada periode tahun buku 2012 dan penetapan program kerja pada periode berikutnya.” Beliau menjelaskan alasan penundaan rapat anggota tahunan ini karena persiapan teknis yang belum rampung. RAT ini berdasarkan jadwal dalam surat edaran dari dinas koperasi kabupaten Bantaeng seharusnya dilaksanakan pada Februari 2013. “Selain baru pertama diadakan dan belum pengalaman sehingga perlu persiapan yang lebih matang,” jelasnya.

Hadir sebagai peserta peninjau, Kepala Desa Lonrong, Fahruddin dan utusan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bantaeng yang diwakili Kepala Seksi Kelembagaan, Muhammad Waris SE, MM.

Kepala Desa Lonrong menghimbau masyarakat Lonrong yang mendapatkan program Klaster Mandiri Dompet Dhuafa agar menjaga keberlangsungan program ini, “Ki katutui laloi inne progranga, teaki pasingkamuai program maraenganga rillaloa, siampe’ji  dakka namace’ mo” .

“Tolong jaga program ini, jangan samakan dengan program-program yang lain hanya berjalan sebentar lalu macet,” himbaunya.  Beliau tidak lupa mengirim ucapan terima kasih kepada manajemen Dompet Dhuafa, “Kami sangat berterima kasih atas adanya program yang masuk ke desa kami, ini berkat kerja sama yang baik antar pemerintah Kabupaten Bantaeng dengan Dompet Dhuafa.”

Muhammad Waris SE, MM mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bantaeng memberikan apresiasi kepada koperasi Inpoktan Sukses Mandiri yang dalam usia belum genap setahun sudah bisa mengadakan RAT.  Beliau memotivasi peserta agar terlibat aktif dalam menyukseskan program yang telah disusun bersama. “Jika anggota aktif dalam menyukseskan program koperasi maka yang mendapat kebaikannya adalah semua anggota,” tuturnya.

Dalam acara inti yang dipimpin oleh Zulkifli, SKM dengan agenda pokok laporan pertanggung jawaban pengurus koperasi, laporan pertanggujawaban pengawas serta pembahasan rencana  program tahun buku 2013.

Pada sesi tanya jawab pengawas, Zaenal mengusulkan agar pengurus menjalankan satu unit usaha yang bisa menghasilkan laba tiap hari, “Saya melihat rencana kerja yang disusun, semuanya tergantung pada musim, karenanya harus ada usaha yang bisa menghasilkan tiap hari minimal 10.000,” ungkapnya.

Mustakim merespon bahwa pengurus akan mengakomodir usulan tersebut, “Usulannya bagus, nanti kami akan melakukan pengkajian, melakukan analisis usaha terlebih dahulu untuk menentukan jenis usaha apa yang bisa menghasilkan laba setiap harinya,” jawabnya.

Pada RAT tahun ini, tidak mengadakan pemilihan pengurus baru tapi hanya akan mengganti pengurus yang ada mengingat beberapa bulan lalu bendahara mengundurkan diri dari jabatannya. Dalam hal ini akan diadakan dalam rapat khusus. Dengan demikian aqad syirkah koperasi dilanjutkan untuk periode tahun 2013. [zul]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*