Teknologi Pertanian Bisa Percepat Swasembada Pangan

Teknologi Pertanian Bisa Percepat Swasembada Pangan

294
0
SHARE

MAMUJU–MICOM: Wakil Gubernur Sulawesi Barat Aladin S Mengga menyampaikan, target swasembada pangan hanya bisa tercapai dengan cepat melalui menerapkan teknologi pertanian bagi para petani yang ada di daerah ini.

“Target swasembada pangan secara nasional harus bisa dicapai di tahun 2014. Makanya, dengan waktu dua tahun ini, maka petani kita harus menerapkan teknologi pertanian serta dilakukan intensifikasi guna memacu peningkatan produksi beras maupun jagung maupun tanaman pangan lainnya,” kata Aladin, di Mamuju, Selasa (11/12).

Menurut Wagub, jika petani tidak menerapkan teknologi pertanian dan dilakukan intensifikasi maka jangan berharap, target swasembada pangan itu rasanya sulit tercapai dengan waktu dua tahun kedepan.

“Kegiatan intensifikasi dan teknologi pertanian sangat mudah diterima oleh petani. Makanya, hal ini harus kita pacu sejak sekarang agar mampu menopang peningkatan produksi pangan,”ujarnya lagi.

Selain itu kata dia, petani juga harus diberikan pengadaan bibit unggul serta diintruksikan untuk menggunakan pupuk organik.

“Pemberian bibit unggul serta pemberian pupuk organik akan memacu kualitas beras kita menjadi bagus. Tidak seperti sekarang, kualitas hasil panen petani belum mampu bersaing dengan produksi beras di provinsi lainnya,”ungkap Aladin.

Mantan Kepala Dinas PU Sulbar ini menyampaikan, upaya peningkatan swasembada pangan ini diharapkan mampu meningkatkan produksi padi menjadi 1.043.471 ton pada tahun 2014.

Ia mengatakan, pada tahun 2012 ini produksi padi di Sulbar mencapai 384.488 ton, diharapkan meningkat menjadi 484.768 ton pada tahun 2013 mendatang. (Ant/OL-3)

Sumber: Media Indonesia.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*