Workshop Evaluasi Program Klaster Mandiri Blora

Workshop Evaluasi Program Klaster Mandiri Blora

193
0
SHARE

Blora – Program Klaster Mandiri Dompet Dhuafa mulai digagas pada tahun 2011 yang diawali dengan workshop program pada Juli 2011 di Balai Desa Ngelarohgunung, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora.

Workshop evaluasi dilaksanakan di Pendopo Kecamatan JeponĀ  dihadiri sekitar 50 orang yang terdiri dari jajaran Pemerintahan Kabupaten Blora, Pemerintahan Kecamatan dan Desa, jajaran manajemen Dompet Dhuafa, mitra masyarakat, dan tamu undangan, Selasa (17/4/2012).

Program Klaster Mandiri merupakan program pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi antara program sosial dan ekonomi dengan tujuan memberdayakan masyarakat khususnya dari kalangan ekonomi dengan tujuan memberdayakan masyarakat khususnya dari kalangan ekonomi lemah (mustahik) agar lebih berdaya memiliki kemampuan dan pola pikir yang lebih maju agar mampu memperbaiki tingkat kesejahteraannya.

Sasaran utama pemetik manfaat program Klaster Mandiri adalah para mustahik yang memiliki kemauan dan komitmen untuk berubah menjadi lebih baik.

Wilayah sasaran program meliputi Kecamatan Jepon (Desa Bacem, Jepon, Semampir, Kemiri, Nglaroh Gunung, Brumbung), Kecamatan Jiken (Desa Jiken, Ngelebur), Kecamatan Tunjungan (Desa Adirejo).

Pada sektor pengembangan dan program pertanian memfokuskan pada penumbuhan dan pendampingan kelompok petani melalui pemberian pembiayaan untuk usaha tani sehat (pengadaan benih, saprotan, pelatihan dan penerapan teknologi tepat guna).

Kegiatan yang telah dilakukan antara lain; pembentukan kelompok tani sehat, pembiayaan untuk pengadaan benih dan saprotan, peningkatan kapasitas mitra, penguatan akses pasar, dan pembentukan lembaga lokal (gapoktan dan cikal bakal koperasi).

Pemetik manfaat program pertanian sehat pada Klaster Mandiri Blora sejumlah 72 mitra yang tergabung dalam 7 kelompok tani (Gapoktan Semangat Tani). Total luas lahan yang dikelola mencapai 22,86 ha. Dana yang digulirkan melalui program pertanian ini mencapai 110 juta rupiah.

Semoga dengan kegiatan workshop evaluasi program ini mampu membuka kerjasama sinergi dengan berbagai pihak. Pembangunan sumberdaya manusia merupakan tugas bersama. [jo]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY