Gapoktan Al-Ghina Cisimeut Semakin Optimis

Gapoktan Al-Ghina Cisimeut Semakin Optimis

211
0
SHARE

Lebak – Hujan yang mengguyur Desa Cisimeut, Leuwidamar, Lebak sejak maghrib Rabu (11/04/2012) tidak menciutkan semangat para pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Al-Ghina untuk hadir dalam pertemuan gapoktan. Pertemuan membahas perkembangan program pertanian dampingan Pertanian Sehat Indonesia (PSI) Dompet Dhuafa. Program tersebut bagian dari program Klaster Mandiri Dompet Dhuafa di Kabupaten Lebak, Banten yg tujuan utamanya adalah peningkatan ekonomi petani dengan pendekatan pendampingan masyarakat.

Selama satu tahun program berjalan banyak kegiatan yang dilakukan oleh pendamping dan pengurus gapoktan di bawah koordinasi PSI Dompet Dhuafa. Berupa pembinaan petani melalui pertemuan kelompok, pembentukan dan penguatan kelembagaan kelompok tani (poktan) dan gapoktan, pelatihan pertanian sehat, penyaluran modal usaha petani secara hibah dan lainnya. Kegiatan tersebut secara nyata telah membantu para petani baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pertemuan berjalan penuh kehangatan, juga membahas rencana akselerasi program satu tahun ke depan selain evaluasi program.

Pertemuan dihadiri juga Casdimin (Manajer Program) PSI Dompet Dhuafa, Adhi NH (koordinator program), Imam (pendamping program), dan Ayi Rahmat  (volunteer penguatan teknologi pertanian). Casdimin menekankan pentingnya komitmen pengurus dan mitra program untuk menyukseskan program pertanian di Cisimeut, menjaga kesolidan pengurus dan penumbuhan jiwa rela berkorban. Karena sehebat apapun konsep program jika tidak didukung oleh kesungguhan para mitra dan pengurus program maka konsep itu tidak akan menghasilkan nilai maksimal.

Diskusi dan pertemuan gapoktan disudahi setelah berjalan kurang lebih dua jam. Banyak hal yang telah dibahas dalam pertemuan tersebut seperti persoalan hama penyakit, benih, pola tanam  dan masalah pembinaan kelompok petani. Pada kesempatan akhir, Ayi Rahmat memberikan pengarahan untuk persiapan pelatihan teknis produksi pupuk organik massal untuk para mitra. Rencananya akan berlangsung selama seminggu di Gapoktan Al-Ghina Cisimeut. Sukses untuk petani Cisimeut! (Dim).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY