Pelatihan Kewirausahaan Jamur Tiram “Membuat Olahan Jamur Tiram Crispy”

Pelatihan Kewirausahaan Jamur Tiram “Membuat Olahan Jamur Tiram Crispy”

350
0
SHARE
Pelatihan Pembuatan Olahan Jamur Tiram Crispy

Bogor – Minggu (26/02) Program Klaster Mandiri Zona Madina Basis Pertanian mengadakan pelatihan pasca panen “Membuat Olahan Jamur Tiram Crispy”. Peserta pelatihan berjumlah 15 orang, terdiri dari pengurus Induk Kelompok Tani (Inpoktan) An-Nur dan para istri serta ibu-ibu sekitar posko program yang ingin mengetahui cara pembuatan jamur crispy.

Tujuan pelatihan ini adalah memberikan tambahan keterampilan teknologi pasca panen kepada petani jamur tiram binaan. Hal tersebut adalah satu dari upaya mewujudkan cita menjadikan desa binaan sebagai Pusat Agribisnis Jamur Tiram.

Instruktur yang berkesempatan untuk memberikan sharing adalah Budi. Beliau adalah seorang praktisi dan pengusaha di bidang olahan jamur crispy. Saat ini Budi telah memiliki 80 gerobak usaha jamur crispy.

Dalam paparannya, Budi mengharapkan adanya transfer pengetahuan dan informasi berkenaan cara-cara pembuatan jamur crispy. Selain itu, diharapkan peserta yang mengikuti pelatihan tersebut dapat termotivasi dan membuka usaha sendiri.

Klaster Mandiri Zona Madina adalah program pemberdayaan masyarakat berbasis pertanian jamur tiram yang terletak di Desa Jampang, Kec. Kemang, Kab. Bogor. Program tersebut dilaksanakan oleh Pertanian Sehat Indonesia yang didukung sepenuhnya oleh Dompet Dhuafa.

Saat ini masyarakat telah memiliki 4 kelompok tani produksi jamur tiram yang tergabung dalam sebuah induk kelompok tani An-Nur. Semoga setahun ke depan komunitas Inpoktan mampu mewujudkan impian mereka. (Untung P/Adhi NH)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*