Hijrahnya Pemuda Tani Kwajon, Ponorogo

Hijrahnya Pemuda Tani Kwajon, Ponorogo

387
0
SHARE

PONOROGO – Klaster Mandiri Dompet Dhuafa basis pertanian di Desa Kwajon, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo sudah berlangsung 2 tahun. Petani bergabung dalam wadah koperasi produsen yaitu Koperasi Makmur Sentosa.

Program dilaksanakan Pertanian Sehat Indonesia tersebut bermanfaat bagi petani. Manfaat tentang budidaya pertanian sehat dan kemudahan mendapatkan sarana produksi pertanian. Selain juga ada manfaat sosial di masyarakat terutama anak muda yang tergabung. Semangat pemuda untuk menjadi petani dan kebersamaan yang kuat antar anggota.

Perubahan kebiasaan dalam akidah Islam berkat sentuhan program. Sebelumnya di lingkungan Desa Kwajon menjadi tempat pemabuk dan penjudi. Tempat yang biasa digunakan untuk mabuk-mabukan tiap malam pemuda berubah menjadi gudang. Program menggandeng anggota mayoritas anak muda. Mereka sebelumnya menganggur menjadi ada kegiatan positif. Seiring dengan itu kebiasaan mabuk-mabukan mulai berkurang. Pertemuan dua minggu sekali mendatangkan penceramah agama dapat menambah keimanan anggota.

Alhamdulillah sekarang para pemuda di Desa Kwajon sudah tidak mabuk-mabukan dan judi. Mereka yang sebelumnya tidak sholat sekarang sudah menjalankan sholat. Itulah manfaat positif secara moral dan sosial dari program ini. Selain dari manfaat secara ekonomi dan teknologi pertanian. [hus]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*