National Curriculum for GAP

National Curriculum for GAP

316
0
SHARE

JAKARTA – Forum kopi Indonesia sudah terbentuk dengan nama SCOPI (Sustainable Coffee Platform Of Indonesia) dalam bahasa Indonesia berarti kemitraan untuk kopi berkelanjutan Indonesia (KKBI).

SCOPI sebagai forum pembelajaran dan aksi bersama perkopian Indonesia dengan tujuan mempromosikan dan meningkatkan public private partnership di dalam komoditi kopi untuk mencapai kesempatan ekonomi untuk petani, ketahanan pangan dan kelestarian lingkungan.

Pada gelaran Sustainable Coffee Events, SCOPI mengadakan workshop National Curriculum for GAP (Good Agricultural Practices) di ruang workshop JIEXPO Hall C3 Kemayoran, Jakarta, Sabtu (24/10). Workshop membahas silabus kurikulum nasional dan manual pelatihan kopi robusta berkelanjutan di Indonesia.

Silabus yang disusun akan menjadi panduan bagi penyuluh lapang dan petani kopi. SCOPI akan mendorong sertifikasi kopi sesuai standar yang diinginkan nasional kemudian juga mengadopsi standar sustainable yang diinginkan konsumen internasional seperti yang diterapkan di Eropa dan Amerika Serikat.

“Buku panduan diharapkan dapat dipahami tenaga penyuluh baik swadaya, swakarsa, dan mandiri serta petani kopi,” ungkap Imam Suharto, Senior Coffee Program Manager The Sustainable Trade Initiative (IDH).

Imam mengatakan, stakeholder kopi Indonesia menginginkan buku yang akan diterbitkan lebih baik dari terbitan Brasil dan Vietnam. Semoga dengan dengan workshop ini menelurkan panduan yang mudah diterapkan petani. [DIK]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*