Peran Pemuda Tani dalam Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan

Peran Pemuda Tani dalam Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan

376
0
SHARE

Bogor – Peran dan kontribusi petani dalam menyediakan bahan pangan bagi masyarakat cukup besar di level mikro. Petani dengan segala keterbatasannya berupaya untuk terus menanam dan memanen hasil untuk menyediakan pangan bagi keluarganya dan masyarakat secara umum. Hanya saja yang sangat disayangkan adalah berbagai persoalan yang dihadapi petani seakan diserahkan kepada mereka sendiri terutama adalah hal makro seperti minimnya infrastuktur hingga diterapkannya liberalisasi ekonomi sehingga subsidi bagi petani semakin kecil dan mudahnya keran impor bahan pangan dibuka.

Sehingga usaha pertanian saat ini terasa sangat berat dan mulai banyak ditinggalkan oleh petani termasuk para generasi muda. Buktinya, berdasarkan data kementrian pertanian, 500 ribu rumah tangga petani beralih profesi ke bidang pekerjaan lainnya setiap tahunnya. Dan dapat dipastikan pula semakin banyak generasi muda yang juga tidak berminat dalam usaha pertanian artinya bidang pertanian juga mengalami krisis regenerasi. Sehingga diperlukan adanya kerjasama berbagai pihak terutama negara untuk kembali mengambil peran strategisnya mewujudkan negara mandiri dan kuat guna kesejahteraan masyarakat termasuk di dalamnya mendukung pengembangan sektor pertanian dalam negeri.

Dompet Dhuafa sebagai bagian dari elemen masyarakat turut serta berupaya memberikan kontribusi kepada petani dan sektor pertanian. Sebagai bentuk wujudnya, dalam momen yang mulia di Ramadhan, Dompet Dhuafa mendorong  para petani muda di beberapa tempat untuk tetap eksis di usaha pertanian dengan berbagai pelatihan peningkatan wawasan agribisnis dan termasuk subsidi bantuan sarana produksi.  Berbagai kegiatan tersebut disatukan menjadi program Ramadhan Agropreneur 1436 H.

Guna menguatkan kualitas kegiatan pembekalan kepada petani pemuda Dompet Dhuafa menggandeng institusi pendidikan tinggi pertanian yaitu Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Cibalagung Bogor. Ramadhan Agropreneur 1436 H bekerjasa dengan Dinas Perikanan Lebak diselenggarakan di Cisimeut, Leuwidamar, Lebak, 13 Juli 2015.  Sedangkan di Bogor diadkan di kampus STPP Bogor,  14 – 15 Juli 2015. [ANH]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*