Brebes Bangkit Kembali

Brebes Bangkit Kembali

263
0
SHARE

Brebes bagian selatan yang dikelilingi bukit nampak asri. Sawah yang terpetak-petak dan berundak menjadi pemandangan yang banyak ditemukan dalam topografi perbukitan. Padi merupakan komoditas andalan petani Brebes yang ditanam sebagai stok pangan maupun tabungan pendapatan yang diusahakan oleh mereka. Kondisi topografi yang dimiliki Brebes selatan ini menguntungkan dalam pencegahan migrasi hama pengganggu dari wilayah lain.

Pertanian Sehat Indonesia kembali mengakses kluster Wanoja dengan program Lumbung Desa. Beberapa tahun lalu sudah pernah ada Program Pemberdayaan Pertanian Sehat (P3S) yang diinisiasi oleh Lembaga Pertanian Sehat Dompet Dhuafa.  Potensi kekayaan alam dan sumber daya manusia di lokasi ini cukup mendukung dalam pelaksanaan aktivitas pertanian. Kelompok yang ada di wilayah Wanoja masih cukup solid dan eksis dalam aktivitasnya.

Program Lumbung Desa ini lebih menekankan pada peningkatan ekonomi yang akan didukung oleh kondisi sosial dan ekologinya. Peningkatan pendapatan mitra tani menjadi prioritas dalam pengelolaan aset yang berada di wilayah Wanoja. Perkembangan usaha yang dilakukan oleh kelompok tani atau koperasi kelompok tani dengan mengelola komoditas unggulan diharapkan akan meningkatkan pendapatan mitra tani secara khusus dan masyarakat pada umumnya. Sekali lagi bahwa keberhasilan dalam program yang dilaksanakan oleh PSI perlu dukungan dari berbagai pihak.

Mudah-mudahan efek program ini bisa dirasakan kebaikannya oleh masyarakat secara luas. Mitra tani Brebes sudah siap melaksanakan, PSI siap dengan dukungannya. Petani Indonesia Hebat. [jo]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*