Pertanian Sehat Indonesia dari Dompet Dhuafa untuk Kasepuhan Sinar Resmi

Pertanian Sehat Indonesia dari Dompet Dhuafa untuk Kasepuhan Sinar Resmi

192
0
SHARE

Dompet Dhuafa sebagai lembaga yang bergerak dalam filantropi telah mengusung Pertanian Sehat Indonesia untuk membangun swasembada pangan atau kemandirian pangan Indonesia.

Pertanian Sehat Indonesia membantu para petani dalam mengelola pertaniannya, baik dalam infrastruktur atau manajemennya. Di Kasepuhan Sinar Resmi, Dompet Dhuafa membantu infrastruktur pertanian, seperti irigasi, leuit dan lesung. Demikian kata Bu Donna, selaku perwakilan dari Dompet Dhuafa.

Kerjasama ini sudah berlangsung 8 bulan. Melihat potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di Kasepuhan Sinar Resmi, maka Dompet Dhuafa akan membantu dalam pengembangan desa wisata agriculture.

Kreatifitas dan kerajinan para warga dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki, tidak berlebihan bila Dompet Dhuafa mendorong desa ini menjadi desa wisata agriculture.

Jalan-jalan ke Sawah

Memasuki hari kedua, setelah kami sarapan, kami diajak menelusuri pematang sawah untuk melihat sawah dari pengelolaan kerjasama antara Pertanian Sehat Indonesia Dompet Dhuafa dengan Kasepuhan Sinar Resmi.

Bagi yang tidak biasa berjalan di pematang sawah, akan sangat kesulitan. Jalan yang becek dan licin menjadi semakin terasa berat perjalanan. Walau sudah persiapan dengan sandal atau sepatu gunung, tetapi tetap keahlian berjalan di antara pematang sawah yang licin dan basah menjadi sukar. Berbeda dengan para warga penduduk Kasepuhan Sinar Resmi yang berjalan biasa tanpa kesukaran meski mereka membawa bibit padi atau kayu besar.

Perjalanan cukup jauh dari perkampungan menjadikan pelajaran bahwa dalam bertani itu harus bahagia. Semua proses pertanian yang lama, akan dirasa berat bagi orang yang putus asa. Padahal dalam bertani ada proses yang nantinya akan membawa nikmat saat menyantapnya. Penghargaan dan kenikmatan setiap suap nasi sebagai anugerah dari ilahi rabbi.

Setiap pertemuan ada perpisahan. Waktu dua hari terasa belum cukup bagi kami untuk mengeksplor keadaan Kasepuhan Sinar Resmi. Tetapi sangat jelas, Dompet Dhuafa telah berhasil dalam turut membantu pengembangan Kasepuhan Sinar Resmi dalam menjaga dan merawat alam serta budayanya.

Care visit agriculture Cisolok menjadi pembelajaran dan inspirasi untuk menghargai setiap apa yang didapatkan. Menghormati alam dengan menjaga dan memelihara alam sesuai sistemnya. Perjalanan yang sangat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih

Sumber: Kaca Acak

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*