Terimakasih Petani, Meringankan Beban Musibah Petani Sinabung

Terimakasih Petani, Meringankan Beban Musibah Petani Sinabung

200
0
SHARE
Penyerahan beasiswa pada anak petani
Penyerahan beasiswa pada anak petani
KARO – Hingga saat ini, aktivitas erupsi gunung sinabung masih terjadi meski dengan skala yang lebih kecil. Puncak terjadinya letusan gunung sinabung yang terjadi pada awal tahun 2014 hingga saat ini masih menyisakan dampak bencana terutama dalam hal ekonomi. Sektor pertanian sebagai basis ekonomi masyarakat sinabung sempat lumpuh total, kini para petani berusaha bangkit dengan kondisi seadanya. Mereka kembali ke ladang untuk menanam harapan atas berbagai jenis tanaman yang mereka tanam.
Secara aktif Dompet Dhuafa telah hadir untuk membantu masyarakat sinabung, mulai dari bantuan langsung saat mereka di pengungsian hingga pasca pengungsian. Saat ini Dompet Dhuafa melalui jejaring Pertanian Sehat Indonesia dan Dompet Dhuafa Waspada Sumut sedang fokus dalam program Sinabung Bangkit, sebuah program pemulihan ekonomi pertanian masyarakat sinabung di Desa Gung Pinto, Kab. Karo.
Kini, melalui aksi Terimakasih Petani dari Program Indonesia Berdaya, Dompet Dhuafa kembali hadir untuk memperkuat program Sinabung Bangkit. Terimakasih Petani merupakan bentuk aksi nyata Program Indonesia Berdaya sebagai wujud apresiasi Dompet Dhuafa atas kontribusi petani Indonesia bagi  negeri agraris ini. Khusus Terimakasih Petani di Sinabung, bersamaan dengan upaya pemulihan ekonomi pertanian pasca erupsi gung sinabung yang dilakukan Dompet Dhuafa di Desa Gung Pinto, Kec. Naman Teran, Kab. Karo.
Bentuk kegiatan Terimakasih Petani di Sinabung dengan memberikan bantuan penyediaan sarana produksi pertanian seperti pupuk, pestisida dan benih kepada 50 petani total senilai 25 Juta. Serta bantuan beasiswa anak petani untuk 20 siwa dari tingkat SD hingga SMA total senilai 5 Juta. Bantuan sarana produksi pertanian dan beasiswa anak petani diberikan bersamaan dengan acara buka puasa bersama petani yang didahului diskusi atau sarasehan petani yang membahas persoalan seputar pertanian. Setelah penyerahan bantuan diisi tausiyah Ramadhan oleh Ketua MUI Kab. Karo.
Dalam penyerahan bantuan kepada petani baik terkait bantuan sarana produksi pertanian maupun beasiswa anak petani, Casdimin sebagai Manajer Program Pertanian Indonesia yang mewakili Tim Program Terimakasih Petani Dompet Dhuafa menyampaikan pesan semoga bantuan tersebut akan meringankan beban petani Sinabung yang saat ini sedang menghadapi cobaan. Casdimin juga meminta doa dari para petani agar Dompet Dhuafa  dimudahkan dalam menjalankan aktivitasnya, termasuk para donatur terutama karyawan PT AMC Batam yang telah membantu dalam program Terimakasih Petani Sinabung.
Acara Terimakasih Petani Sinabung yang berlangsung di posko program Sinabung Bangkit Dompet Dhuafa sekaligus sebagai sekretariat Paguyuban Petani Maka Mehuli, selain dihadiri para petani dampingan dan keluarganya dengan jumlah lebih dari 50 orang, hadir pula tim Dompet Dhuafa Waspada Sumut, Ketua MUI Kab. Karo, tim Pertanian Sehat Indonesia Bogor juga sempat diliput oleh crew DAAI TV Medan.
Semoga dengan adanya kegiatan ini, petani sinabung terkurangi bebannya dan akan semakin bersemngat untuk terus memberikan kontribusinya bagi negeri ini meski kondisi mereka penuh dengan keterbatasan. Dompet Dhuafa bersama para donaturnya tentu akan terus berupaya untuk mendukung mereka sesuai dengan kemampuannya bukan hanya petani di sinabung. Karena dalam sebulan ini selama bulan Ramadhan insya Allah, Program Terimakasih Petani akan hadir pula di petani Bantaeng-Sulawesi Selatan, Tuban-Jawa Timur, Sukabumi dan Cianjur- Jawa Barat. (OM DIM).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*