Kedaulatan Benih di Mata Petani

Kedaulatan Benih di Mata Petani

240
1
SHARE

Bogor- Menarik untuk disimak perbincangan tokoh tani Haji Jaka dengan tokoh tani Purbalingga, Suparmin. Di sela-sela diskusi inspiratif petani di Saung Tani Sehat, Ciburuy Bogor, Rabu (18/12) . Tema perbicangan dua arah tersebut tentang Kedaulatan Benih.

Kata Suparmin, “Kita belum merdeka dari sisi benih padahal benih adalah faktor penting dalam proses budidaya pertanian.”

Pernyataan tersebut dibenarkan Haji Jaka, “Kita belum berdaulat dalam hal sisi benih. Bahkan bukan hanya benih, kedaulatan pangan secara umum pun belum kita raih. Kita masih tergantung pada pihak luar, terutama korporasi asing yang saat ini mendominasi sektor pertanian kita.”

Tidak semestinya para petani tidak dikekang untuk menggunakan dan mengembangkan benih-benih lokal. Justru semestinya para petani yang memiliki kemampuan lebih dalam pengembangan benih didorong oleh semua pihak untuk lebih maju. Karena semangatnya adalah kita harus mandiri, bukan tergantung.

Dua tokoh pertanian yang saat ini memiliki binaan banyak petani di level  grass root merasa galau dengan kondisi pertanian yang ada. Gayung bersambut dengan visi yang sama, Pertanian Sehat Indonesia menjadi perekat para tokoh pertanian untuk lebih berperan nyata  dalam pembangunan pertanian di Indonesia. Semangat terus petani sehat Indonesia! (Dim).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*