Bedah Manajemen Koperasi Al-Ikhwan Cianjur

Bedah Manajemen Koperasi Al-Ikhwan Cianjur

230
0
SHARE

BOGOR – Seiring dengan berkembangnya eksistensi Koperasi Gapoktan Al-Ikhwan Cianjur maka kebutuhan akan kemampuan dalam pengelolaan organisasi menjadi hal yang penting bagi para pengurusnya. Melalui pelatihan dan asistensi pengurus Koperasi Al-ikhwan yang dilaksanakan di kantor Pertanian Sehat Indonesia (PSI), Bogor (17-18/09/2013) diharapkan para pengurus koperasi semakin mahir dalam kemampuan manajemen koperasi.

Koperasi Gapoktan Al-Ikhwan Cianjur mulai dipersiapkan sebagai badan hukum sejak tahun 2010 dan secara legal terbit  berbadan hukum koperasi mulai tahun 2011 dengan legalitas BH No. 1230/BH-DK/XIII.7/BID.KOP/2011. Koperasi Gapoktan Al-Ikhwan Cianjur dari awal pembentukannya diorbitkan sebagai organisasi ekonomi umat yang berwatak sosial dan beranggotakan para petani yang merupakan susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan dan prinsip syariah menuju terciptanya kesejahteraan dan keberkahan petani. Usaha andalan Al-Ikhwan saat ini adalah pengolahan dan pemasaran pasca panen beras SAE hasil budidaya para petani padi anggota koperasi.

Dengan adanya pelatihan dan asistensi para pengurus koperasi Al-Ikhwan untuk bedah manajemen cita-cita koperasi menjadi institusi bisnis komunitas yang tangguh dan visioner semoga dapat diraih. Materi-materi selama pelatihan meliputi pengantar manajemen koperasi, manajemen pengembangan usaha dan pemasaran koperasi, manajemen keuangan dan yang lainnya. Pelatihan mengambil format dialogis dan diselingi dengan praktek langsung terutama dalam hal pembukuan mengambil contoh kasus nyata di Al-Ikhwan.
Pemateri selama proses pelatihan adalah SDM internal Pertanian Sehat Indonesia yang telah berpengalaman sesuai bidangnya. Misalnya untuk manajemen keuangan dan akuntansi disampaikan oleh Neneng Fatimah. Besar harapan manajemen PSI untuk para pengurus Al-Ikhwan untuk dapat mengaplikasikan ilmu selama pelatihan untuk kemajuan koperasi mereka. Semoga! (dim).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*