Ketika Tikus Pun Menjadi Ujian Berat Bagi Petani

Ketika Tikus Pun Menjadi Ujian Berat Bagi Petani

227
0
SHARE

Brebes – Dalam sunyinya alam di lembah Gunung  Kumbang para pengurus Koperasi Tali Asih Desa Wanoja, Kecamatan Salem berkumpul dan berdiskusi tentang pertanian dengan segala dinamikanya.

Erie Sudewo pendiri Dompet Dhuafa dengan didampingi Tendy Satrio, Casdimin dan Lanjar Setiawan menjadi pendengar setia atas setiap kata yang mereka ucapkan. Diskusi di Saung Tali Asih Desa Wanoja pada hari Selasa (03/09/2013) berlangsung dengan penuh keakraban meski para petani dalam 3 musim terakhir ini menghadapi ujian berat atas usahatani mereka.

Usahatani unggulan para petani di Desa Wanoja adalah komoditas padi sawah yang secara kualitas berasnya sangat bagus mirip rasanya dengan kualitas beras produksi petani Cianjur, Jawa Barat. Umumnya beras yang mereka tanam adalah padi varietas ciherang atau IR 64 yang kini mulai digantikan dengan varietas baru.

Dalam laporannya, secara keuangan koperasi mereka masih mengelola usaha jual beli saprotan dan hasil tani para anggota. Dari keuntungan usaha koperasi, saat ini mereka telah membeli lahan seluas kurang lebih 400 m2 yang rencanya akan dibangun lokasi penggilingan padi sebagai bagian dari pengembangan usaha koperasi. Hanya saja, karena ada kendala teknis pertanian berupa hama tikus dalam tiga musin terakhir ini terpaksa usaha koperasi mereka agak terhambat. Gudang koperasi yang biasanya mampu menampung pembelian sebesar 25 ton gabah kini hanya mampu 10 ton gabah.

Secara integritas, para pengurus koperasi Tali Asih yang merupakan kelembagaan hasil dari pendampingan Pertanian Sehat Dompet Dhuafa sejak tahun 2009 dan tetap eksis hingga saat ini masih nampak kuat. Integritas dan loyalitas serta soliditas para anggota koperasi Tali Asih, kata Erie Sudewo saat memberikan komentar dalam pertemuan tersebut merupakan nilai dasar dan hal yang mutlak untuk pondasi kemajuan para petani di Wanoja khususnya para anggota koperasi.

Ketika segala upaya untuk mengatasi serangan masif hama tikus telah dilakukan, tentu hal terakhir adalah berdoa dan memohon pada Yang Kuasa untuk menghentikan ujian serangan hama tikut di lahan mereka. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengentikan hama tikus misalnya dengan sholat hajat bersama para anggota petani di Wanoja. Serangan hama tikus boleh menjadi ujian bagi usahatani para anggota koperasi Tali Asih di Desa Wanoja, ujian tersebut mudah-mudahan akan memberikan hikmah untuk nilai kesabaran dan rasa syukur ketika kita dilimpahkan berbagai nikmat. Semoga petani Wanoja tetap semangat! (dim).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*