Penyuluhan Tanaman Jagung di Inpoktan Sinar Agro

Penyuluhan Tanaman Jagung di Inpoktan Sinar Agro

870
0
SHARE

TUBAN – Kerja lapangan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta selesai dilakukan di Induk Kelompok Tani (Inpoktan) Sinar Agro. Kegiatan berjalan kurang lebih satu setengah bulan mulai 8 Juli-22 Agustus 2013 dengan tema  kegiatan “Penyuluhan Tanaman Jagung”.

Inpoktan Sinar Agro adalah kelembagaan lokal petani yang telah terbentuk dalam program pemberdayaan masyarakat Klaster Mandiri Dompet Dhuafa di Kabupaten Tuban yang berlokasi di Desa Gaji, Kecamatan Kerek. Kerja lapangan disamping merupakan tugas mahasiswa dalam proses perkuliahan juga sebagai sarana untuk transfer informasi dan teknologi ke petani.

Dalam rangka pemberdayaan petani, kunci utama sebagai penentu keberhasilan pertanian adalah dengan menempatkan petani sebagai pelaku utama dan subjek dalam pembangunan pertanian. Oleh karena itu, pendekatan kehalusan moralitas melalui metode pendidikan dan penyuluhan diharapkan mampu mengubah perilaku petani dan anggota keluarganya. Dengan cara demikian, diharapkan setiap tindakan memiliki konsekuensi sosial, baik tingkah laku dalam penggunaan input maupun adopsi teknologi pertanian.

Dalam pelaksanaan kegiatan penyuluhan tersebut mahasiswa melakukan kegiatan pertemuan kelompok tani dan turun langsung ke lokasi budidaya tanaman jagung. Beberapa teknologi seperti sistem tanam tanpa olah tanah (TOT) yang asing bagi petani di desa Gaji menjadi bahan diskusi yang asyik dengan petani. Disamping itu, materi pemilihan benih berkualitas, pemupukan yang baik, penanganan hama dan penyakit dan penangananan pasca panen juga telah disampaikan ke petani.

Adanya kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi petani. Inpoktan Sinar Agro sebagai kelembagaan lokal milik petani selalu terbuka untuk kegiatan seperti ini. Kegiatan dan program apapun yang berkaitan dengan pertanian sangat dinantikan oleh Inpoktan Sinar Agro, tentunya ini semua untuk kemajuan petani. Hidup Petani…!!!. (imam)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*