Komitmen Membangun Pertanian Indonesia

 Komitmen Membangun Pertanian Indonesia

Pertanian Sehat Indonesia (PSI) sudah berkiprah 14 tahun membangun pertanian Indonesia. Kilas balik perjalanan PSI berawal Juni 1999 Dompet Dhuafa mendukung terbentuknya Laboratorium Biologi Dompet Dhuafa Republika. Kegiatan utamanya adalah meneliti dan mengembangkan sarana produksi pertanian tepat guna untuk membantu petani.

Produk awal yang muncul pertama kali adalah virus pengendali pengganggu tanaman dengan nama Vir-X dan Vir-L. Dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun muncul berbagai produk sarana pertanian ramah lingkungan seperti pupuk organik OFER (Organic Fertilizer), agensi hayati pengendali hama tanaman serta berbagai pestisida nabati.

Seiring dengan perubahan kebijakan dan dinamika organisasi di Dompet Dhuafa, tahun 2002 Laboratorium Biologi berubah nama menjadi Usaha Pertanian Sehat (UPS).  Aktivitasnya  bertambah dengan pemasaran produk hasil dari penelitian dan beras.

Tahun 2003 Laboratorium Biologi menjadi Lembaga Pertanian Sehat di bawah koordinasi jejaring aset sosial (JAS) Dompet Dhuafa sementara UPS tetap ada tetapi di bawah koordinasi jejaring Aset Reform (JAR) Dompet Dhuafa. Proses pengembangan usaha tidak hanya memasarkan hasil-hasil penelitian laboratorium tetapi juga melakukan pemasaran hasil panen petani dampingan diantaranya beras sehat bebas residu pestisida.

Memasuki tahun 2004 upaya menyatukan laboratorium biologi yang kemudian berubah menjadi lembaga pertanian sehat dengan usaha pertanian sehat di bawah koordinasi jejaring aset reform berhasil dilakukan dalam satu induk kelembagaan yakni Lembaga Pertanian Sehat. Selain melakukan aktivitas penelitian, pemasaran produk-produk pertanian ramah lingkungan, lembaga pertanian sehat juga mulai concern pada pengembangan program pertanian sehat secara aplikatif melalui program pendampingan (pemberdayaan) masyarakat petani kecil.

Awal tahun 2012 merupakan babak baru bagi Lembaga Pertanian Sehat sekaligus sebagai titik awal sejarah berdirinya PT. Pertanian Sehat Indonesia. Sebagai sebuah perusahaan baru dalam bidang pertanian, Pertanian Sehat Indonesia akan tetap mempertahankan karakter dasar aktivitasnya yakni fokus dalam pengembangan pertanian yang berbasis pada masyarakat kecil. Nilai-nilai positif yang melekat dalam status badan hukum PT seperti profesional, transparan dan akuntabilitas serta nilai positif yang lainnya menjadi pendorong kinerja Pertanian Sehat Indonesia ke depan.

Semoga menginspirasi dalam membangun pertanian Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.