Comment (23)

  1. memang sangat luar biasa pepaya IPB kini banyak dikenal masyarakat, semoga sang peneliti ALM. Bu sri tenang disana seiring doa para petani disini, amin

  2. Pepaya Calina hasil temuan dan kreasi Prof Sriani Sujiprihati perempuan kelahiran Ponorogo. Yang kemudian dikembangkan bersama PKBT (Pusat Kajian Buah Tropis IPB). Beliau lulusan Fakultas Pertanian UGM, Yogyakarta yang kemudian meniti karir di IPB sebagai dosen dan menyelesaikan kuliah S2. Gelar doktor diraihnya di Universiti Putra Malaysia (UPM) tahun 1997 di bidang pemuliaan tanaman.

    Pepaya Calina ini didedikasikan untuk membangun citra buah tropika nusantara. Daidalam perkembangannya tentu tidak sekedar mampu berbuah tetapi harus bisa menjadi buah andalan konsumsi masyarakat.

    Beliau mendapatkan sejumlah penghargaan dari berbagai pihak. Antara lain penghargaan Rektor IPB, penghargaan Riset Unggulan Strategi Nasional (Rusnas Award 2004) dari Kementerian Riset dan Teknologi, Satyalencana Karyasatya dari Presiden RI tahun 2006, Penghargaan Kepedulian dan Penegakan HaKI dari Presiden RI tahun 2007, Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa tahun 2009, dan tahun 2010 ia mendapat penghargaan dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Sriani juga pernah mendapat penghargaan sebagai Dosen Berprestasi IPB dan juga Dosen Berprestasi Tingkat Nasional pada tahun 2006.

  3. misal mau beli dimana?

  4. Alhamdulillah akhirnya ada produk pertanian kebanggaan. Perkenalkan nama saya Eko Rendro Priaswanto, alumni IPB angkatan 39 lulus 2006. senang rasanya mengetahui produk – produk inovatif dari IPB keluar.
    BTW, saya tinggal di Kec. Talun- Blitar. Saya sekarang juga aktif di program pemberdayaan PNPM. ingin sekali memasarkan benih pepaya ini sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan pendapatan fakir miskin. Mohon infonya

  5. Pepaya Calina??? like it…saya sudah beli bibitnya dan mencoba untuk membudidayakan pepaya Calina. Pepaya Calina produk lokal kebanggaan anak negeri. Trimakasih (alm) Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati untuk jasanya mengembangkan pepaya jenis Calina ini.

  6. Kawan saya telah sukses menguasai pasar Calina di Medan. Bahkan muali mengembangkan di Surabaya. Pangsa pasar pepaya Calina ini sungguh besar. Dengan performance yang bagus, tahan transportasi, buahnya tidak benyek dan tidak berbau getah. Renyah tapi manis membuat hotel dan rumah makan besar lebih suka menyediakan buah ini.

  7. bisa di tanam di tanah gambut???

    • Bisa saja tapi perlu perlakuan yang lebih, karena pepaya perlu air dan tidak suka air. untuk di tanah gambut dibuat gundukan yang cukup tinggi untuk mengurangi air. silahkan dicoba saja dan kalo berhasil bisa dibagi ke yang lain. Salam petani KUAT.

  8. salam kenal
    rasmono graha situsari permai cilengsibogor

  9. saalam kenal
    rasmono

  10. Saya baru saja merasakan hasil panen perdana pepaya IPB9, 8 bulan sejak pindah tanam sudah memberikan hasil yang cukup baik…

  11. Salam knl ‘,sy petani di timika papua , sy sdh menanam ppy calina ini seluas 1’5ha. di papua sy yg pertama untk budidya ppy ini . yg skrg baru ber usia 6/7 bln , sy mau tanya untk pemupukn , pemupkn yg bagus di lakun di hambur / di pendam dlm lubang , kondisi ppy skrg lg belajar berbuah …….?

  12. aku suka , boleh ga aku pesan bibit pepaya IPB-3(havana)

Leave a Reply

Top