Pentingnya Forum Diskusi untuk PetaniPentingnya Forum Diskusi untuk Petani

Pentingnya Forum Diskusi untuk PetaniPentingnya Forum Diskusi untuk Petani

498
3
SHARE

Lebak – Bagi kebanyakan petani, diskusi adalah suatu hal asing yang jarang dan bahkan tidak pernah dilakukan. Namun untuk petani dampingan Pertanian Sehat Indonesia (PSI) – Dompet Dhuafa program klaster mandiri Lebak – Banten
di Desa Cisimeut, Kecamatan Leuwidamar hal ini sudah biasa dan menjadi budaya.

Di kelompok tani forum diskusi atau pertemuan kelompok tani dilakukan satu minggu sekali dan untuk di Induk Kelompok Tani (Inpoktan) sebulan sekali. Agenda pertemuan kelompok tani yaitu membahas perkembangan aktivitas pertanian yang dijalankan dan permasalahan yang dihadapi serta alternatif solusinya.

Disamping itu pendamping program pada waktu tertentu juga memberikan informasi baru atau informasi lainnya yang terkait dengan aktivitas program. Petanipun cukup aktif dalam diskusi kususnya ketika membahas  alternatif solusi terhadap permasalahan pertanian mereka.

Seperti pada pertemuan di salah satu kelompok tani beberapa minggu yang lalu. Sajid (petani dampingan PSI) menuturkan dalam diskusi tersebut, “Musim lalu saya kebingungan dan sudah habis cara untuk mengatasi hama walang sangit, berbagai pestisida sudah dicoba namun hasilnya sama saja tidak mempan.”

Akhirnya dia mengambil kertas kosong dan ditulislah ayat Al Qur’an lalu kertas tersebut  dilipat, dibungkus plastik dan dipasang di tengah sawah dengan bambu. ”Alhamdulillah walang sangitnya kabur,” jelasnya. Dan serempak petani yang lainnya pun tertawa riuh.

Ya memang demikianlah, kadang petani melakukan hal-hal yang tidak masuk akal dan dilakukan dengan kemantapan hati, hasilnya wallahu a’lam.

Sedang untuk pertemuan inpoktan sebulan sekali agendanya untuk saat ini yaitu fokus di usaha Inpoktan (Koperasi). Beberapa usaha yang direncanakan yaitu pengadaan sarana produksi tani (saprotan), jasa traktor untuk pengolahan tanah, pengadaan hasil tani (gabah dan beras), pengembangan padi sehat dengan akad mudharabah, jasa pembayaran listrik online dan pengadaan sembako.

Melihat permasalahan yang dihadapi serta kebutuhan petani, tentunya sebuah forum diskusi untuk petani seperti ini menjadi sangat penting untuk dilakukan. [IAH]

3 COMMENTS

  1. Forum diskusi petani sangat penting, selain menjadi media solusi untuk segala permasalahan petani diskusi petani juaga bisa menjadi sumber informasi untuk perkembangan dunia pertanian

LEAVE A REPLY

*