Pelatihan Pembukuan, Administrasi dan Manajemen Keuangan di Klaster Mandiri Kulon Progo

Pelatihan Pembukuan, Administrasi dan Manajemen Keuangan di Klaster Mandiri Kulon Progo

1485
3
SHARE

Kulon Progo – Program Klaster Mandiri Kulon Progo Basis Pertanian telah berjalan satu tahun lebih. Diharapkan dengan program ini dapat terwujud kelembagaan ekonomi berupa koperasi syariah pada tahun kedua. Koperasi syariah ini dapat memperkuat kelembagaan usaha komunitas pasca program berakhir.

Selama proses pendampingan dan pemberdayaan, kendala yang ditemui karena mayoritas tingkat pendidikan masyarakat tani yang rendah. Salah satunya, masalah kelemahan dalam hal pembukuan dan administrasi keuangan. Pencatatan dan pembukuan yang dilakukan oleh Induk Kelompok Tani (Inpoktan) Manunggal Roso masih sederhana. Bisa jadi masih jauh dari standar administrasi keuangan sebuah organisasi.

Selain itu, dalam berdisiplin administrasi keuangan juga perlu ditingkatkan. Akibatnya pengurus inpoktan akan menemui kesulitan dalam pembuatan laporan keuangan inpoktan. Padahal laporan keuangan merupakan bagian dari laporan pertanggung jawaban pengurus khususnya dalam penggunaan dana. Bila laporan tidak jelas, bahkan tidak valid dampaknya adalah citra profesionalitas dan keamanahan pengurus menjadi taruhannya.

Dari hal tersebut, maka administrasi keuangan merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan baik untuk keuangan pribadi maupun perusahaan/kelembagaan. Pelatihan Pembukuan, Administrasi dan Manajemen Keuangan menjadi salah satu peningkatan kapasitas pengurus inpoktan. Pelatihan diselenggarakan di Balai Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Senin (28/5/2012)

Pelatihan diinisiasi oleh Dompet Dhuafa Klaster Mandiri Kulon Progo dengan Jejaring KMM (Karya Masyarakat Mandiri) dan PSI (Pertanian Sehat Indonesia). Peserta adalah mitra dampingan KMM yang tergabung dalam Induk Swadaya Mitra (ISM) Gempita Mandiri sebanyak 18 orang dan 5 orang dari mitra dampingan PSI yang tergabung dalam Induk Kelompok Pertanian (Inpoktani) Manunggal Roso.

Materi disampaiakan Sumaryono dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kulon Progo. Beliau menyampaikan materi Manajemen Keuangan dan Tertib Administrasi. Selain itu, Langgeng Raharjo S.Pd. selaku praktisi yang menyampaikan materi dan melatih peserta mengenai Akuntansi.

Pelatihan dilaksanakan selama sehari penuh. Peserta antusias mengikuti pelatihan, walaupun kegiatan menguras pikiran. Terlebih materi yang disampaikan tidak hanya bersifat teoritis dan umum melainkan juga bersifat praktis dan aplikatif. Bahkan peserta dilatih dengan soal yang sebenarnya mereka hadapi di kehidupan sehari-hari. [Adhi NH/Meko]

3 COMMENTS

  1. Semangat terussss….tidak ada kata terlambat untuk belajar menuntut ilmu…..kamu bisa !!!!!!

LEAVE A REPLY

*