Saat Da’i Belajar Hama Penyakit Tanaman

Saat Da’i Belajar Hama Penyakit Tanaman

334
0
SHARE

Bogor – Suasana nampak berbeda di hari kelima kegiatan magang Pembibitan Calon Da’i Muda (PCDM) kerjasama Kemenag RI dengan Dompet Dhuafa di lokasi pemberdayaan petani Pertanian Sehat Indonesia Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Bogor, Kamis (24/5). Berbeda karena materi magang kali ini terkait dengan pengamatan hama penyakit tanaman  (HPT) yang tentu akan sangat berguna ketika nanti terjun di tengah-tengah masyarakat yang komunitasnya petani.

Diawali field trip ke sawah untuk pengamatan hama penyakit dan mengumpulkan berbagai macam serangga dan jenis lainnya. Peserta 32 orang antusias berkeliling di area persawahan di tengah panasnya matahari Ciburuy, Bogor. Materi pengamatan HPT ini dibawakan Ida Farida dan Deni Ejar dengan metode pembelajaran praktek dan pemaparan teori. Di tengah pelatihan diselingi juga dengan permainan kelompok dengan penuh riang gembira.

Penguasaan masalah pertanian secara menyeluruh akan menentukan sikap antisipatif dalam menghadapi berbagai kendala yang akan muncul termasuk dalam hal pengendalian hama penyakit tanaman. Jangan sampai ada tindakan salah dalam pengendalian hama penyakit tanaman yang alih-alih mengendalikan hama penyakit tanaman malah menyebabkan kerusakan lingkungan dan timbulnya resistensi.

Pertanian sehat mendorong para petani melakukan praktek pertanian yang sehat ramah lingkungan termasuk dalam hal pengendalian hama penyakit tanaman. Diharapkan para calon da’i dapat mengaplikasikan pertanian yang sehat ramah lingkungan di komunitas yang menjadi objek dakwahnya. Dengan itu, selain baik dalam hal ruhiyah juga mahir dalam bertani yang sehat, Insya Allah. (dim).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*