Evaluasi Partisipatif Petani dalam Program Klaster Mandiri Bantaeng

Evaluasi Partisipatif Petani dalam Program Klaster Mandiri Bantaeng

232
0
SHARE

Bantaeng – Evaluasi Klaster Mandiri Dompet Dhuafa secara komprehensif memang telah dilakukan melalui workshop di tingkat kabupaten baik untuk program basis ekonomi maupun sosial. Untuk memastikan bahwa program di lapangan berjalan dengan baik maka tim program Pertanian Sehat Indonesia (PSI) juga melakukan evaluasi partisipatif di lapangan bersama petani pada Rabu malam (25/04) di posko program pertanian Desa Lonrong, Eremerasa, Bantaeng.

Evaluasi merupakan bagian dari siklus program yang berfungsi untuk menilai sejauhmana ketercapaian program telah diraih serta analisis masalah-masalah yang muncul. Evaluasi program partisipatif ini juga dilakukan sebagai bukti kesungguhan dan komitmen berbagai pihak untuk perbaikan program satu tahun ke depan, bersungguh-sungguh dalam bahasa lokal bantaeng disebut “attojeng-tojeng“.

Daeng Caning, ketua Induk Kelompok Tani (Inpoktan) Sukses Mandiri dalam pemaparan terkait program Dompet Dhuafa Bantaeng menyampaikan rasa syukurnya atas nilai manfaat bagi petani Desa Lonrong. “Dengan adanya program Dompet Dhuafa tidak hanya membantu petani secara ekonomi melalui peningkatan produksi pertaniannya tetapi juga telah mengokohkan ikatan sosial antar petani yang selama ini mulai luntur,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Daeng Mustakim, salah satu pengurus Inpoktan Sukses Mandiri. Dia berujar dengan logat bahasa Bantaengnya, “Seumur-umur dari nenek moyang mereka tidak pernah ada program yang secara cuma-cuma melayani masyarakat dengan bantuan tanpa pamrih, termasuk dalam hal pembiayaan usaha tani.”

Komitmen perbaikan dan akselerasi program tahun kedua fokus dalam penguatan basis ekonomi komunitas. Target yang harus segera diprioritaskan di tahun 2012 adalah legalisasi Inpoktan berbadan hukum koperasi, penguatan usaha bersama Inpoktan yang saat ini telah berjalan seperti pengadaan saprotan, jual beli hasil bumi, penumbuhan basis pertanian unggul baik untuk jagung maupun padi dan yang lainnya.

Kita berharap apa yang menjadi komitmen para petani dan pengurus serta dukungan Dompet Dhuafa melaui PSI program pertanian Bantaeng hingga akhir program nanti akan mampu mendongkrak kesejahteraan para petani. Tidak hanya itu modal sosial yang terus dipupuk melalui pertemuan dan kedekatan pendamping di tengah-tengah kehidupan petani semakin memberikan nilai baik dalam tatanan sosial di kehidupan masyarakat desa di mana program berjalan. Insya Allah. (dim).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*