RAT Koperasi Gapoktan Tani Sehat di Brebes Berjalan Sukses

RAT Koperasi Gapoktan Tani Sehat di Brebes Berjalan Sukses

466
0
SHARE

Brebes – Koperasi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Sehat menyelenggaran Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang ke-2 pada hari Rabu (29/2/2012). RAT ini merupakan kegiatan tutup buku tahun 2011 dan perencanaan kerja tahun 2012. Koperasi yang berlokasi di Desa Kedungbokor, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes ini adalah koperasi binaan Pertanian Sehat Indonesia Dompet Dhuafa (PSI DD) yang sudah dimandirikan sejak dua tahun lalu. Sebelumnya, PSI DD telah melakukan program pemberdayaan petani bawang merah selama tiga tahun. Atas partisipasi masyarakat kemudian berhasil membentuk Koperasi Gapoktan Tani Sehat.

RAT tahun ke-2 ini dihadiri lebih dari 2/3 anggota undangan RAT. Dari 100 orang yang diundang telah hadir 75 anggota undangan. Selain itu, acara ini pun dihadiri oleh Kasi Pembiayaan Dinas Koperasi dan UMKM Brebes, Manajer Program PSI, dan Kepala Desa Kedungbokor. Acara ini nampak semarak karena para peserta (anggota dan pengurus koperasi) kompak mengenakan kaos seragam yang khusus dibuat untuk RAT.

Dalam sambutannya, perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Brebes tersebut mengatakan bahwa Koperasi Gapoktan Tani Sehat tergolong sebagai koperasi sehat karena telah menyelenggarakan RAT setiap tahun. “RAT (Rapat Anggota Tahunan) merupakan indikator sehat atau tidaknya sebuah koperasi. Dan hal itu telah dilakukan oleh Koperasi Tani Sehat selama dua tahun sejak terbentuk”, ujar Kasi Pembangunan Dinas Koperasi dan UMKM Brebes.

Dalam RAT ini dibacakan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) tahun buku 2011 koperasi dan rencana kerja 2012. LPJ pengurus dinyatakan diterima oleh seluruh anggota yang hadir. Dengan kepercayaan anggota, akhirnya pengurus Koperasi Tani Sehat mendapatkan mandat untuk mengelola koperasi tahun kerja 2012. Acara ini diakhiri dengan pembacaan fakta integritas (pernyataan komitmen) pengurus koperasi untuk mengelola koperasi secara profesional. Pengurus bertekad untuk memajukan koperasi untuk kepentingan masyarakat. [DIF]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*