Proyek Kerjasama Peningkatan Produksi Tanaman Padi – Klaster Mandiri Lebak

Lebak – Program Klaster Mandiri Dompet Dhuafa Basis Pertanian di Desa Cisimeut, Lebak mencoba merealisasikan sebuah model kerjasama peningkatan produksi tanaman padi. Program ini berupa kerjasama Syirkah Mudhorobah antara Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Al Ghina dengan petani mitra.

Gapoktan Al Ghina selaku pihak pertama menyediakan modal untuk pelaksanaan model pertanaman padi menggunakan teknologi pertanian padi sehat yang diadopsi oleh Lembaga Pertanian Sehat – Dompet Dhuafa (LPS DD). Pihak ke dua adalah mitra tani selaku pengelola. Mereka menyiapkan lahan dan siap fikiran dan tenaga untuk mengujicobakan teknologi pertanian sehat itu.

Titik tekan dalam teknologi ini adalah perbaikan teknik budidaya, efisiensi saprotan, pengembalian bahan organik dan penggunaan pestisida ramah lingkungan. Selain itu managemen budidaya padi pun diperbaiki dari aspek operasional, penjadwalan, hingga aspek keuangan. Sehingga diharapkan melalui proyek ini petani dan gapoktan belajar menjadi petani yang profesional.

Bulan November 2011 proyek perdana ini telah berjalan. Petani melaksanakan demplot dibawah pengawasan Gapoktan dan Bagian Kerjasama Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPS DD. Pada proyek perdana ini ditanam varietas padi baru Inpari 13 dengan luasan awal 3600 m2. Proyek ini akan terus dikembangkan sebagai sarana transfer teknologi pertanian sehat kepada petani mitra sekaligus sebagai salah satu sumber pendapatan Gapoktan Al Ghina.  [MAH]

Hits:2583

%d bloggers like this: