Kunjungan Pengurus Gapoktan dan Koperasi Sehat Berkarya ke Gapoktan Teladan Kabupaten Serang

Kunjungan Pengurus Gapoktan dan Koperasi Sehat Berkarya ke Gapoktan Teladan Kabupaten Serang

219
0
SHARE

Serang – Rabu (21/12/2011) lalu, Pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Koperasi Sehat Berkarya melakukan kunjungan studi banding ke Gapoktan Teladan Kabupaten Serang, Banten, yaitu Gapoktan Sukatani Desa Cibodas, Kecamatan Tanara dan Gapoktan Bina Warga Desa Pancanegara, Kecamatan Pabuaran, Serang. Gapoktan dan Koperasi Sehat berkarya merupakan binaan Lembaga Pertanian Sehat Dompet Dhuafa dalam Program Pemberdayaan Petani Sehat (P3S) di Desa Siketug, Kecamatan Ciomas, Serang.

Studi banding menjadi bagian dari kegiatan program P3S yang bertujuan untuk menambah wawasan keorganisasian dan usaha bagi kelembagaan lokal. Sehingga diharapkan dari kunjungan tersebut para pengurus Gapoktan dan Koperasi mendapatkan referensi mengenai kelembagaan, administrasi serta pola pengaturan kerja dalam lembaga yang dikunjungi. Tak kalah pentingnya juga, para pengurus diharapkan mendapatkan contoh, ide dan inspirasi produk hasil dari Gapoktan yang dikunjungi untuk selanjutnya dibawa, diterapkan dan dikembangkan.

Ada beberapa inspirasi yang dapat diambil dan semoga pengurus Gapoktan dan Koperasi Sehat Berkarya dapat merealisasikannya. Pertama, Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kelembagaan Gapoktan dan Koperasi menjadi salah satu kunci keberhasilan lembaga mencapai cita, hal ini mencakup kepemimpinan, keadministrasian, pola pengaturan dan kerja dan lain-lain. Kedua, Disamping SDM yang handal, karakter pelaku dari kelembagaan tersebut (pengurus) juga sangat menentukan bagaimana kelembagaan itu berjalan. Gapoktan Sukatani mendapat predikat Gapoktan Teladan di Kab. Serang bahkan tingkat nasional, karena setiap program yang dijalankannya baik dari program pemerintah maupun swasta dikelola dengan baik, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan (IAH)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

*