Koperasi Gapoktan “Tali Asih” Wanoja, Brebes

Koperasi Gapoktan “Tali Asih” Wanoja, Brebes

Koperasi Gapoktan Tali Asih (Badan Hukum No. 188.4/056/BH/2012) adalah organisasi ekonomi umat yang berwatak sosial dan beranggotakan para petani yang merupakan susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan dan prinsip syariah menuju terciptanya kesejahteraan dan keberkahan umat. Keberadaan Koperasi Gapoktan Tali Asih Brebes tidak dapat dilepaskan dari peran program pemberdayaan petani sehat yang telah dilakukan oleh Pertanian Sehat Indonesia unit jejaring CE Dompet Dhuafa. Program pemberdayaan petani sehat untuk klaster Brebes Salem diawali pada tahun 2009 melalui proses Survai Kelayakan Wilayah (SKW), sosialisasi program, dan pembentukan kelompok serta pendampingan petani. Melalui proses penguatan SDM Petani, Kelembagaan, Pembiayaan dan penguatan teknologi pertanian tepat guna serta pembentukkan jaringan kerja petani, eksistensi koperasi dan gapoktan, kelompok dan mitra petani Tali Asih terus diperkuat dan dikembangkan.

Setelah melalui proses pendampingan intensif kurang lebih dua tahun, maka keberadaan program kemudian dimandirikan pada tahun 2011 dalam bentuk badan hukum koperasi dengan pengelolaan program dilanjutkan oleh para kader dan pengurus gapoktan. Koperasi sebagai institusi ekonomi rakyat dengan watak sosial menjadi instrumen legal formal dalam pengembangan program yang telah berjalan dan membuka diri untuk bekerjasama dengan pihak luar.

Dengan dukungan berbagai pihak seperti Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Brebes serta instansi lainnya Koperasi Gapoktan Tali Asih Brebes terus mengejar mimpi bersama, melanjutkan dan mengembangkan program pertanian dan pemberdayaan masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik dan penuh berkah..

Visi

Sebagai organisasi pertanian yang maju dan mandiri untuk mendorong peningkatn ekonomi melalui pengembangan usaha agribisnis sebagai pondasi dasar dalam menjaga kelestarian zona penyangga hutan.

Misi

  • Meningkatkan pendapatan anggota gapoktan melalui pengambangan usaha agribisnis tanaman pangan, hortikultura, tanaman herbal dan sector peternakan
  • Menjaga kelestarian lingkungan zona penyangga hutan melalui usaha konservasi daerah aliran sungai (DAS)
  • Meningkatkan kapasitas SDM anggota gapoktan melalui kegiatan pelatihan secara berkala
  • Meningkatkan kapasitas kelembagaan gapoktan melalui berbagai kegiatan pelatihan dan kegiatan pendukung lainnya

Jumlah Anggota dan Dana yang dikelola

Jumlah Anggota Koperasi Gapoktan Tali Asih Brebes adalah 240 petani dengan mengelola dana sebesar Rp. 434.199.000.

Kegiatan Utama Koperasi Gapoktan

Sebagai koperasi dengan basis wilayah potensinya adalah pertanian, maka fokus kegiatan koperasi gapoktan meliputi:

  • Pengadaan saprotan (pupuk, benih, dll) untuk kebutuhan para anggotanya dengan harga terjangkau .
  • Jual beli hasil tani sebagai salah satu usaha bersama yang membantu petani dari sisi pembayaran dan penyeimbang harga pasar.
  • Produksi dan penjualan pupuk organik, NPS dll.
  • Pembiayaan pertanian basis syariah

Potensi Pengembangan Kerjasama Koperasi

Koperasi Gapoktan Tali Asih Brebes merupakan hasil nyata perpaduan dan kerjasama antara kesungguhan, komitmen dan semangat para petani yang pada awalnya didukung oleh Pertanian Sehat Indonesia, sebuah institusi pengembangan pertanian dan pemberdayaan masyarakat serta salah satu unit jejaring Community Enterprise (CE) Dompet Dhuafa. Dengan kapasitas yang dimiliki oleh Koperasi Gapoktan Tali Asih Brebes dan lembaga pendukung Pertanian Sehat Indonesia (PSI) yang kompeten dalam bidang pertanian serta Dompet Dhuafa sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional, maka untuk pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, Koperasi Tali Asih Brebes siap bekerjasama dengan berbagai pihak.

Pada skala teknis, kerjasama yang dapat dilakukan Koperasi Tali Asih Brebes dengan pihak luar baik swasta maupun pemerintah adalah program pengembangan pertanian baik berkaitan dengan pelatihan, aplikasi teknologi pertanian sehat tepat guna maupun investasi usaha bidang pertanian khususnya pada tanaman pangan (padi). Untuk program pertanian, Koperasi Gapoktan Tali Asih secara konseptual didukung penuh oleh Pertanian Sehat Indonesia (PSI) sebagai mitra strategis bidang pertanian. Demikian juga dalam bidang sosial, koperasi Tali Asih siap menjadi penyalur bantuan sosial dan ekonomi untuk pemberdayaan masyarakat kurang mampu khususnya pada lingkup komunitas petani.

Alamat Koperasi Gapoktan Tali Asih:: Desa Wanoja Kec. Salem Kab. Brebes, Jawa Tengah-Indonesia. Kontak Telpon. 085747789821/0251-8617486

8 COMMENTS

  1. selamat dan sukses buat GAPOKTAN desa wanoja..
    semoga amanah dan kedepannya para petani desa wanoja khususnya menjadi lebih baik lagi.:-)

  2. Salam sejahtera,
    kami dari CV. Trubus Jaya Mandiri berkedudukan di Desa Cilongkrang Kab. Cilacap, Kiranya bisa jajaki kerjasama dengan koperasi “Taliasih”

    Dalam hal Pupuk Organik Cair,

    Terimakasih,Sukses Selalu

  3. Kepada Koperasi Gapoktan,
    Kami bermaksud ingin menawarkan produk untuk media tanam berupa “POT TRAY” berguna untuk persemaian dan bisa dipakai berulang2 sehingga lebih efisien,dan produk ini di supply langsung dari produsen
    Demikian penawaran dari kami
    Wassalam

    Eko setiawan
    08 777 12 33 440

LEAVE A REPLY

*