Koperasi Gapoktan “Al-Amanah” Cikondang, Cianjur

Koperasi Gapoktan Al-Amanah (Badan Hukum No. 1293/BH-DK/XIII.7/BID.KOP/2011) adalah organisasi ekonomi umat yang berwatak sosial dan beranggotakan para petani yang merupakan susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan dan prinsip syariah menuju terciptanya kesejahteraan dan keberkahan umat. Keberadaan Koperasi Gapoktan Al-Amanah Cianjur tidak dapat dilepaskan dari peran program pemberdayaan petani sehat yang telah dilakukan oleh Pertanian Sehat Indonesia unit jejaring CE Dompet Dhuafa. Program pemberdayaan petani sehat untuk klaster Cianjur diawali pada tahun 2009 melalui proses Survai Kelayakan Wilayah (SKW), sosialisasi program, dan pembentukan kelompok serta pendampingan petani. Melalui proses penguatan SDM Petani, Kelembagaan, Pembiayaan dan penguatan teknologi pertanian tepat guna serta pembentukkan jaringan kerja petani, eksistensi koperasi dan gapoktan, kelompok dan mitra petani Al-Amanah terus diperkuat dan dikembangkan.

Setelah melalui proses pendampingan intensif kurang lebih dua tahun, maka keberadaan program kemudian dimandirikan pada tahun 2011 dalam bentuk badan hukum koperasi dengan pengelolaan program dilanjutkan oleh para kader dan pengurus gapoktan. Koperasi sebagai institusi ekonomi rakyat dengan watak sosial menjadi instrumen legal formal dalam pengembangan program yang telah berjalan dan membuka diri untuk bekerjasama dengan pihak luar.

Dengan dukungan berbagai pihak seperti Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Cianjur serta instansi lainnya Koperasi Gapoktan Al-Amanah Cianjur terus mengejar mimpi bersama, melanjutkan dan mengembangkan program pertanian dan pemberdayaan masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik dan penuh berkah.

Visi

Sebagai lembaga wirausaha sosial agribisnis yang maju dan mandiri untuk mendorong meningkatan kesejahteraan petani mitra dan masyarakat umum.

Misi

  • Meningkatkan pendapatan anggota koperasi gapoktan melalui pengembangan usaha agribisnis tanaman pangan, hortikultura, tanaman herbal dan sektor peternakan.
  • Menjaga kelestarian lingkungan melalui penerapan teknologi pertaniaan sehat
  • Meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) anggota gapoktan melalui kegiatan pelatihan secara berkala.
  • Meningkarkan kapasitas kelembagaan gapoktan melalui berbagai kegiatan pelatihan dan kegiatan pendukung lainnya.
  • Membentuk lembaga keuangan mikro yang berlandaskan syariat Islam

Jumlah Anggota dan Dana yang dikelola

Jumlah Anggota Koperasi Gapoktan Al-Amanah adalah 134 petani dengan mengelola dana sebesar Rp. 110.447.500.

Kegiatan Utama Koperasi

Sebagai koperasi dengan basis wilayah potensinya adalah pertanian, maka fokus kegiatan koperasi gapoktan meliputi:

  • Pengadaan saprotan (pupuk, benih, dll) untuk kebutuhan para anggotanya dengan harga terjangkau .
  • Jual beli hasil tani sebagai salah satu usaha bersama yang membantu petani dari sisi pembayaran dan penyeimbang harga pasar.
  • Produksi dan penjualan pupuk organik, NPS dll.
  • Pembiayaan pertanian basis syariah
  • Potensi Pengembangan Kerjasama Koperasi

Koperasi Gapoktan Al-Amanah Cianjur merupakan hasil nyata perpaduan dan kerjasama antara kesungguhan, komitmen dan semangat para petani yang pada awalnya didukung oleh Pertanian Sehat Indonesia, sebuah institusi pengembangan pertanian dan pemberdayaan masyarakat serta salah satu unit jejaring Community Enterprise (CE) Dompet Dhuafa. Dengan kapasitas yang dimiliki oleh Koperasi Gapoktan Al-Amanah Cianjur dan lembaga pendukung Pertanian Sehat Indonesia (PSI) yang kompeten dalam bidang pertanian serta Dompet Dhuafa sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional, maka untuk pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, Koperasi Al-Amanah siap bekerjasama dengan berbagai pihak.

Pada skala teknis, kerjasama yang dapat dilakukan Koperasi Al-Amanah Cianjur dengan pihak luar baik swasta maupun pemerintah adalah program pengembangan pertanian baik berkaitan dengan pelatihan, aplikasi teknologi pertanian sehat tepat guna maupun investasi usaha bidang pertanian khususnya pada tanaman pangan (padi). Untuk program pertanian, Koperasi Gapoktan Al-Amanah secara konseptual didukung penuh oleh Pertanian Sehat Indonesia (PSI) sebagai mitra strategis bidang pertanian. Demikian juga dalam bidang sosial, Koperasi Al-Amanah siap menjadi penyalur bantuan sosial dan ekonomi untuk pemberdayaan masyarakat kurang mampu khususnya pada lingkup komunitas petani.

Alamat Koperasi Gapoktan Al-Amanah:: Kampung Irigasi RT 04 RW 03 DesaCikondang, Kec. Cibeber, Kab. Cianjur, Kontak Telpon. 081322412453/0251-8617486.

Hits:5535

14 thoughts on “Koperasi Gapoktan “Al-Amanah” Cikondang, Cianjur

  1. Amir Notoyudo

    Saya ingin introduksi aplikator pupuk curah padi sawah kepada gapoktan Al Amanah, suatu temuan baru untuk hemat pupuk 100 kg / ha,cegah rerumputan, tingkatkan produksi sampai 3 ton GKP, cegah pencemaran. Harga pasti terbeli dari penghematan pupuk saja. Alat itu khusus didesain utk tingkatkan penghasilan petani kita. didorong disela larikan padi otomatis pupuk langsung masuk dalam tanah, tidak ada pupuk yang hilang.
    Saya tunggu jawaban di 081319641781. Wass. amirnotoyudo.

    1. Jodi

      Bila bapak tidak keberatan, spesifikasi produk (syukur2 ada fotonya) boleh dishare ke saya om_jodi@yahoo.co.id
      Kami sangat bangga dan bersiap membantu menyebarkan informasi maupun produk ini jika benar2 bisa membantu petani. Terima kasih dan kami tunggu info selanjutnya.

  2. An Nisaa Gettar

    Assalam wr wb
    Perkenalkan saya Gettar dari Fakultas Pertanian Unpad. Saya mau tanya, apakah sampai saat ini Koperasi Gapoktan Al Amanah masih memberikan pembiayaan pertanian berbasis syariah? Kalau boleh tahu jenis pembiayaan yang dgiunakan apa ya? Saat ini saya sedang mencari topik untuk skripsi. Dan saya tertarik untuk meneliti di koperasi ini. Sebelumnya saya juga sudah mengirimkan email. Dan sekarang saya ingin memperoleh informasi lebih lanjut. Terimakasih atas perhatiannya. Sukses selalu :)

  3. Dadang Supriatman

    Assalamu’alaikum,, slmt mlm Pak, perkenalkan nama saya Dadamg Supriatman, saya dari pupuk mikro plant nature (PN) cianjur mau menawarkan pupuk mikro organik PLANT NATURE ke gapoktan AL-AMANAH.

    Plant Nature
    Plant Nature adalah pupuk mikro yang mengandung 96 zat aktif alami yang berasal dari batuan asli alam dan ganggang laut dalam dari hasil budidaya teknologi terapan yang dikembangkan oleh para ahli pangan, microbiologi dan fungi, sehingga dihasilkan produk pupuk yang sangat baik untuk memperbaiki unsur hara tanah dan memperbaiki kualitas tanaman serta kualitas hasil panen.
    Plant Nature mengandung 8 trace mineral yang sangat penting untuk kebutuhan tanaman, yaitu Mg, Fe, Mn, Co, Zn, B, Cu, Mo. yang sangat baik untuk mensuplai makanan berupa enzim bagi tanah dan tanaman yang kondisinya sudah jenuh dan rusak, akibat faktor alam maupun akibat dari kesalahan pemakaian pupuk yang tidak tepat.

    Manfaat Utama :
    - Memperbaiki unsur hara tanah.
    - Memperbaiki fisiologis tanaman.
    - Mempercepat tanaman berproduksi atau tanaman bisa menghasilkan.
    - Memperbaiki hasil produksi yang kurang bagus
    pada masa panen sebelumnya.
    - Menjadikan tanaman lebih tahan terhadap serangan hama, penyakit dan faktor musim kemarau.
    - Menghemat pemakaian pupuk tunggal lainnya.
    - Dapat digunakan untuk semua jenis tanaman, baik untuk tanaman keras maupun untuk tanaman lunak.
    - panen padi bisa 2,5 bln n penghasilan padi jg bsa brlipat2 dr hasil biasanya

    Aturan Pakai :
    Tambahkan 10% Plant Nature ke pupuk tunggal atau makro (Urea, TSP, KCl) aduk hingga merata lalu taburkan pada bidang tanah / tanaman / kolam tambak. Dengan penambahan Plant Nature ini maka akan menghemat penggunakaan pupuk tunggal atau makro sebesar 30-50%.

  4. Dadang Supriatman

    Oh ya pak saya lupa, klo boleh dipersilahkan saya kepengen berkunjung ketempat gapoktan AL-AMANAH, kepengen lihat pertanian2 tanaman dsna

  5. Aditya Rasyid

    Assalammualaikum..
    Dear Admin PSI saya mohon informasi Koperasi Al-Ikhwan dan Al-Amanah Cianjur adakah nomor telp yang bisa saya hubungi? Karena No Hp yang tercantum sudah tidak aktif lagi..Saat ini saya membutuhkan komoditas gabah 6Ton/Bulan dengan 2kali pengiriman, pembelian gabah lebih diutamakan untuk Wilayah Bogor, Cianjur, Sukabumi, Banten dan Karawang. Terimakasih Wassalamualaikum..
    Salam Aditya 0813-1110-2552 / 085-7777-344-05

Leave a Reply